Serangan jantung mendadak pada usia muda/ilustrasi
Health

Ini 15 Makanan yang Menyehatkan Jantung

Salma Permata Dewi
Rabu, 15 Maret 2023 - 21:35
Bagikan

7. Kacang polong

Kacang polong mengandung pati resisten tinggi yang menolak pencernaan dan difermentasi oleh bakteri menguntungkan di usus Anda dan telah terbukti mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi peradangan.

8. Cokelat hitam

Walaupun rasanya pahit, cokelat hitam mengandung antioksidan tinggi seperti flavonoid. Ini telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena plak kalsifikasi di arteri dan penyakit jantung koroner. Pastikan untuk memilih cokelat hitam berkualitas tinggi dengan kandungan kakao minimal 70%.

9. Tomat

Tomat kaya akan likopen yang memiliki sifat antioksidan tinggi. Tomat dapat mencegah peradangan dan kerusakan oksidatif sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan peningkatan kolesterol HDL (baik).

10. Almond

Almond kaya akan serat, lemak tak jenuh tunggal, nutrisi, vitamin, dan mineral yang dapat mengurangi kolesterol dan lemak perut.

11. Biji-bijian dari bunga

Biji-bijian dari bunga, seperti kuaci, biji chia, flaxseed, dan hemp seed kaya akan serat dan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung.

12. Bawang putih

Sejak lama, bawang putih telah digunakan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bawang putih dan komponennya telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Mereka juga dapat membantu menghambat pembentukan bekuan darah.

13. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengurangi peradangan, risiko penyakit jantung, dan risiko penyakit kronis lainnya.

14. Edamame

Edamame adalah kedelai mentah yang sering ditemukan dalam masakan Asia. Seperti produk kedelai lainnya, edamame kaya akan serat, antioksidan, dan isoflavon kedelai, sejenis flavonoid yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

15. Teh hijau

Teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak hingga peningkatan sensitivitas insulin. Teh hijau juga tinggi polifenol dan katekin yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan melindungi kesehatan jantung Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro