IU
Entertainment

Jadi Artis K-Pop Paling Dermawan, Berapa Sumbangan Penyanyi Korea IU?

Arlina Laras
Jumat, 17 Maret 2023 - 17:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - IU adalah salah satu artis Korea Selatan yang dikenal sebagai artis yang dermawan. 

Penyanyi berusia 29 tahun ini, kerap kali diketahui menyumbangkan penghasilannya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. 

IU sekali lagi membuktikan bahwa masih ada orang-orang yang diberkati yang membagikan berkat mereka.

Berdasarkan Koreaboo, IU yang bernama asli Lee Ji Eun itu memberikan donasi terungkap menyumbangkan sekitar US$144.000 atau setara dengan Rp2,2 miliar untuk memperingati 15 tahun debutnya. 

Menurut laporan berita, donasi terbaru IU berarti penyanyi tersebut telah mendonasikan setidaknya sekitar US$3,25 juta atau setara dengan Rp50,07 miliar dalam 15 tahun karirnya.

Melalui label yang menaungi IU, pihaknya EDAM Entertainment mengunggah dua sertifikat donasi.

“Kami dapat berbagi hati yang hangat berkat UAENA, yang telah memberi kami keajaiban, baik kecil maupun besar, selama 15 tahun terakhir. Semoga dengan segenap hati kita bisa membawa keajaiban bagi orang lain," tulisnya. 

Pada tanggal 2 September, seorang penggemar IU memposting sebuah update.

“Sehubungan dengan donasi terbaru IU, staf dari EDAM Ent mengungkapkan IU terus mengkurasi sejumlah urusan yang paling cocok untuk disumbangkan setiap kali ada masalah sosial.

Donasi sebesar US$72.200 atau setara dengan Rp1,1 miliar juga sudah disumbangkan untuk membantu memerangi kanker anak-anak dan membantu mendukung kaum muda Korea memasuki masyarakat.

Menurut Koreaboo,IU dikenal sebagai salah satu donatur amal terbesar di Korea. 

Pada episode baru-baru ini dari Mnet's TMI News Show, acara tersebut mengungkapkan penanda tangan menyumbangkan US$1,21 juta atau setara dengan Rp18,6 miliar pada tahun 2021, yang berarti donasinya yang diketahui melebihi US$3,10 juta USD atau sekitar Rp47,7 miliar. 

Episode itu juga mengungkapkan soal bagaimana penyanyi itu secara pribadi meminta brand yang bekerja sama dengan dirinya untuk bisa menyumbang sebagian keuntungannya untuk amal. 

Brand yang mensponsori IU itupun telah menyumbangkan barang dagangan senilai lebih dari US$ $577.000 atau sekitar Rp8,8 miliar ke yayasan amal. 

Terkait karier, IU tahun lalu berhasil menggelar rangkaian konser dua harinya, The Golden Hour, yang berlangsung dari 17-18 September 2022.

Meski, saat itu dirinya tengah mengalami gangguan pendengaran sejak 2021, akan tetapi penyanyi itu tetap secara profesional melakukan penampilan demi menghibur penggemarnya. 

Konser tersebut hanyalah satu dari puncak tahun produktif bagi penyanyi tersebut. 

Pasalnya, penyanyi itu mengejutkan dunia ketika dia dan pemeran utama film Broker lainnya telah menghadiri acara Festival Film Internasional Cannes 2022.

Di mana, film yang dirinya bintangi memenangkan Penghargaan Juri Ekumenis untuk film terbaik dan melihat aktornya Song Kang Ho memenangkan penghargaan festival untuk aktor terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro