Foto: Rahasia Sukses Bisnis Fashion Milik Zaskia Mecca Atasi Masalah Logistik
Fashion

Rahasia Sukses Bisnis Fashion Milik Zaskia Mecca Atasi Masalah Logistik

Media Digital
Selasa, 28 Maret 2023 - 17:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Urusan logistik telah lama menjadi tantangan serius bagi para pebisnis online dari berbagai sektor. Meskipun Indonesia memiliki potensi ekonomi yang besar, namun berbagai tantangan seperti infrastruktur yang relatif masih belum memadai menjadi hambatan besar dalam mengoptimalkan kegiatan logistik, tak terkecuali bagi pebisnis di sektor fashion.

Salah satu nama yang tak bisa dipisahkan dari industri fashion muslim di Indonesia adalah artis Zaskia Adya Mecca.  

Bersama sang adik, Haykal Kamil, istri sutradara Hanung Bramantyo itu mendirikan brand fashion ZM Zaskia Mecca yang menyasar para Muslimah yang mencari busana muslim modern. 

Saat terjun ke bisnis online, persoalan logistik menjadi tantangan yang menyita waktu dan perhatian untuk diatasi.

Hal ini sejalan dengan temuan Lazada Indonesia pada 2020 lalu. Sebanyak 65 persen dari UMKM yang belum terdigitalisasi di Indonesia mengaku bahwa masalah logistik termasuk salah satu tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis online. Sebaliknya 92 persen UMKM yang telah terdigitalisasi menyatakan bahwa peran e-commerce benar-benar membantu kebutuhan logistik mereka. 

Rahasia Sukses Bisnis Fashion Milik Zaskia Mecca Atasi Masalah Logistik

Foto: Lazada Logistics

“Mengelola logistik menjadi tantangan bagi penjual online seperti kami. Apalagi belanja online telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Ada ratusan bahkan ribuan pesanan setiap harinya yang harus kami kelola agar bisa terkirim dan sampai ke tangan pelanggan,” ungkapnya.

Apa yang dipaparkan Zaskia Mecca dari brand ZM Zaskia Mecca  adalah salah satu contoh dari studi mendalam yang dilakukan Lazada Indonesia yang menegaskan bahwa logistik memegang peranan penting ekosistem eCommerce dan juga membantu percepatan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. 

Oleh karena itu, sebagai perusahaan dengan ekosistem eCommerce yang menyeluruh, Lazada Indonesia (Lazada) terus mengembangkan jaringan dan infrastruktur logistiknya di Indonesia melalui unit bisnis Lazada Logistics dengan tujuan utama penguatan ekosistem logistik Indonesia dan mendukung operasional brand dan UMKM di Indonesia. Lebih jauh lagi brand ZM Zaskia Mecca adalah satu dari sekian toko online di Lazada Indonesia yang terbantu dengan adanya Lazada Logistics. 

“Lazada Logistics menawarkan layanan logistik menyeluruh melalui Multi-Channel Logistics (MCL) yang mempermudah operasional ZM Zaskia Mecca, sehingga kami dapat fokus pada penjualan dan pemasaran, serta dapat berinovasi mengembangkan produk dan brand ZM Zaskia Mecca. Melalui layanan ini kami bisa selangkah lebih maju dalam mengembangkan bisnis kami, “ tutur Zaskia. 

Rahasia Sukses Bisnis Fashion Milik Zaskia Mecca Atasi Masalah Logistik

Foto: Lazada Logistics

Dengan sistem MCL, Lazada Logistics akan menyimpan produk-produk dari mitra dan merchant, sehingga penanganan dan pengiriman pesanan yang efisien melalui armada Lazada, mitra logistik pihak ketiga ataupun armada yang ditunjuk lainnya agar pengiriman bisa dilakukan dengan mulus. Dengan demikian para penjual dapat berfokus pada peningkatan penjualan dan inovasi bisnis dan produk agar lebih dapat bersaing di pasaran.

Lazada Logistics berinvestasi pada teknologi berbasis data. Hal ini adalah wujud komitmen Lazada untuk meningkatkan efisiensi bisnis. Pemilik brand juga dapat memanfaatkan data dan insights yang dapat diakses lewat dasbor khusus oleh brand dan para penjual menentukan strategi bisnis terkait dengan operasional logistiknya. 

Di Indonesia sendiri, Lazada Logistics memiliki lebih dari 150 hub dan lebih dari 15.000 karyawan dan mitra kurir untuk mendukung operasional logistik brand dan penjual di Lazada. 

Dengan lokasi gudang Lazada yang tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia dan teknologi yang menjamin akurasi inventori produk, pengelolaan produk dari brand dan penjual juga terjamin proses pengirimannya ke konsumen secara tepat waktu. Lebih penting lagi biaya pengiriman juga jauh lebih hemat dan efisien. 

Lazada Logistics juga menggunakan algoritma penentuan rute secara cerdas (smart route) yang berbasis data sehingga pengiriman bisa lebih cepat dan ekonomis.

Dengan mengusung tagline #SatuLangkahLebih, Lazada Logistics ingin mendorong penjual dan brand di Indonesia selangkah lebih maju dan menikmati kemudahan, kesederhanaan dan integrasi penuh dengan layanan MCL serta memberi ruang lebih bagi pebisnis di Indonesia . 

“Kami memahami bahwa penjual dan brand memiliki banyak tugas, khususnya untuk bisa melayani pelanggan dengan baik dan untuk menumbuhkan bisnisnya secara berkelanjutan. Karena itulah, kami siap membantu mengelola operasional logistik mereka melalui infrastruktur dan jaringan logistik kami yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia,” kata Philippe Auberger, Chief Logistic Officer Lazada Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami