Christine Hakim/imdb.com
Entertainment

Hari Film Nasional, Ini 5 Duta Festival Film Indonesia 2023

Salma Permata Dewi
Kamis, 30 Maret 2023 - 23:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Film Nasional ke-73 jatuh pada Kamis (30/3/23). Hari ini juga Festival Film Indonesia (FFI) mengumumkan lima duta FFI 2023 dengan tema umum Piala Citra.

Dilansir dari kemdikbud.go.id, Hari Film Nasional ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 25 tahun 1999. Sejarahnya, pada 30 Maret 1950 sebuah film diproduksi oleh perusahaan Indonesia dan disutradarai oleh orang Indonesia, H. Usmar Ismail, untuk pertama kalinya.

Tujuan peringatan HFN ini adalah upaya meningkatkan kepercayaan diri, motivasi, dan kreativitas para insan film Indonesia, serta untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat film indonesia secara regional, nasional, dan internasional. Sejak itu, perfilman Indonesia sangat berkembang hingga saat ini.

Bersamaan dengan perayaan Hari Film Nasional, Festival Film Indonesia (FFI), festival film yang dipelopori oleh dua tokoh perfilman Usmar Ismail dan Djamaluddin Malik, meluncurkan Festival Film Indonesia 2023 sekaligus mengumumkan lima duta FFI 2023 di media sosial mereka. Petunjuk-petunjuk mengenai duta FFI 2023 sudah diunggah pada 20 Maret 2023.

https://www.instagram.com/p/CqaG8YTvCLb/?hl=en

Berikut kelima Duta FFI 2023 yang telah menerima Piala Citra sebelumnya.

1. Chicco Kurniawan

Chicco Kurniawan merupakan aktor pertama yang diberikan petunjuk oleh FFI. “Amelia capek, nih!” merupakan salah satu dialog yang memberi petunjuk bahwa dia adalah duta FFI 2023. Chicco mendapat banyak penghargaan di berbagai ajang festival film internasional karena sebuah film pendek yang dibintanginya pada 2017. Lalu, tahun-tahun berikutnya, dia mulai membintangi beberapa judul film panjang dan mendapatkan Piala Citra kategori Pemeran Utama Pria Terbaik pada 2021.

2. Putri Marino

Putri Marino pernah berperan sebagai Lala di film debutnya berjudul Posesif. Setelahnya, dia berperan dalam beberapa film dan serial drama, seperti The Big 4 dan Layangan Putus. Putri telah meraih dua Piala Citra kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik 2017 dan Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik 2021.

3. Laura Basuki

Laura Basuki memulai kariernya di perfilman Indonesia pada 2008 dengan film Gara-Gara Bola. Sudah banyak film yang dibintangi olehnya dan film-film yang belum tayang ada sekitar 5 film. Dia pernah meraih Piala Citra kategori Pemeran Utama Terbaik 2010 dan 2020. Tidak hanya itu, Laura pernah meraih penghargaan Best Supporting Performance di ajang festival film Indonesia.

4. Lukman Sardi

Karier perfilman yang dilalui oleh Lukman Sardi sudah cukup lama. Dia memulainya pada tahun 70-an sebagai aktor dan sekarang bertambah pekerjaannya, yakni sutradara dan produser. Namanya mulai naik setelah ikut berperan di film legendaris karya Mira Lesmana dan Riri Riza. Lukman meraih Piala Citra kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik 2007.

5. Christine Hakim

Merupakan aktris senior yang memulai kariernya di awal tahun 70-an dengan film karua Teguh Karya yang berjudul Cinta Pertama, Christine Hakim berhasil meraih Piala Citra kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik 1974. Setelahnya, dia banyak mendapatkan penghargaan nasional maupun internasional. Christine Hakim telah meraih Piala Citra sebanyak 8 kali dan pernah menjadi juri di berbagai festival internasional, termasuk Cannes Film Festival 2002.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro