Ilustrasi entrepreneur
Relationship

Ini 13 Aturan Meraih Kesuksesan

Salma Permata Dewi
Kamis, 13 April 2023 - 17:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kata ‘sukses’ sering digunakan dalam kaitan pekerjaan atau status keuangan.

Kata ini jarang digunakan dalam kaitannya yang lain, seperti sukses dalam pertumbuhan pribadi, sukses dalam menikmati hidup, bahkan sukses sebagai teman.

Pada akhirnya, makna sukses ditentukan oleh diri kita masing-masing,

Berikut adalah 13 aturan yang mungkin membantu dalam mencapai kesuksesan, seperti dilansir dari Psychology Today.

1. Bukan hanya hasil, melainkan juga peduli dengan prosesnya

Seringnya, kesuksesan adalah hasil dari banyak langkah kecil yang bertahap. Jika terobsesi dengan hasilnya, kita cenderung memisahkan diri dari prosesnya. Kita menjadi tidak sabar, gelisah, dan tidak fokus. Sebaliknya, kita perlu belajar untuk memperhatikan prosesnya.

2. Gagal karena sudah melakukan, bukan karena tidak melakukan

Satu-satunya cara menjadi ahli dalam sesuatu adalah dengan benar-benar melakukannya. Jika ingin menjadi penulis yang baik, Anda harus menulis. Jika ingin menjadi teman yang baik, Anda harus menjangkau orang lain. Namun, biasanya, kita gagal mengambil tindakan karena kita takut akan melakukan kesalahan. Jika Anda harus gagal, gagal karena sudah melakukan tindakan, bukan tidak melakukan tindakan.

3. Katakan ‘ya’ pada kesempatan

Perluas repertoar dengan mengatakan ‘ya’ lebih sering pada tantangan, bahkan ketika tidak sepenuhnya yakin, dan bersungguh-sungguhnya dalam melakukan tantangan tersebut.

4. Bekerja dengan orang lain

Berkolaborasi dalam mencapai tujuan terbaik adalah pilihan bagus karena manusia adalah makhluk sosial. Orang lain dapat mengajari Anda dengan cara yang tidak terduga, begitupun sebaliknya.

5. Komitmen

Ini merupakan aturan yang paling penting. Berhati-hatilah dengan kata-kata Anda dan kepada siapa atau apa yang Anda janjikan. Setelah menetapkan komitmen, lakukan semuanya. Jika Anda mengalami kegagalan, bangkit, cari cara, dan lakukan lagi,

6. Bertanggung jawab

Anda perlu bertanggung jawab untuk diri sendiri dan tempat Anda berada. Anda bisa belajar dari tanggung jawab yang dilakukan sehingga dapat fokus melakukan yang terbaik sebagai pribadi dan kelompok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro