Minuman soda/Pixabay
Health

Kerap Menggoda Tenggorokan, Ini Efek Samping Minuman Bersoda Saat Berbuka Puasa

Sabina Arla Yogandini
Jumat, 14 April 2023 - 17:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat sedang berpuasa, tubuh Anda akan kekurangan cairan selama beberapa waktu. Tak jarang kondisi tubuh akan lemas karena tidak mengonsumsi air yang cukup.

Saat sudah waktunya berbuka puasa, mungkin Anda menginginkan minuman yang terlihat menggiurkan atau menyegarkan seperti minuman bersoda.

Namun, ternyata minuman ini memiliki efek samping yang membahayakan tubuh, khususnya bagi Anda yang berpuasa karena selama beberapa jam, kondisi perut Anda kosong.

Ada beberapa dampak dari minuman bersoda saat buka puasa yang membahayakan diri Anda. dilansir dari Times of India, berikut adalah efek samping dari minuman bersoda:

1. Kenaikan berat badan

Saat sedang berpuasa minuman bersoda akan terlihat menggiurkan, tetapi akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Minuman bersoda mengandung banyak gula yang membuat berat badan Anda bertambah paling cepat. Satu kaleng coca-cola biasa mengandung 8 sendok makan gula.

2. Hati berlemak

Minuman bersoda mengandung banyak gula dan akan menjadi bahaya apabila diminum saat berbuka puasa. Gula rafinasi mengandung dua senyawa utama, yaitu glukosa dan fruktosa. Glukosa dapat dengan mudah dimetabolisme oleh sel-sel tubuh Anda, sedangkan fruktosa hanya dapat dimetabolisme oleh hati.

Kelebihan fruktosa yang ada pada minuman bersoda dapat menyebabkan kelebihan berat badan. Hal itu lah yang membuat hati mengubah fruktosa menjadi lemak yang akan disimpan di hati. Hal ini dapat berubah menjadi penyakit hati berlemak dalam waktu singkat yang bisa sangat berbahaya.

3. Diabetes

Hormon insulin berfungsi untuk mendorong glukosa dari aliran darah ke dalam sel. Hal itu dikarenakan asupan gula secara teratur dalam bentuk minuman ringan, sel-sel Anda dapat menjadi resisten terhadap efek insulin. Oleh karena itu, pankreas Anda membuat lebih banyak insulin sehingga insulin akan melonjak dalam darah.

Minuman bersoda mengandung banyak gula dan sudah menjadi fakta umum bahwa asupan fruktosa yang berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin. Beberapa penelitian mengaitkan antara konsumsi minuman bersoda dengan diabetes tipe 2 yang membahayakan tubuh.

4. Kalori kosong

Konsumsi minuman bersoda hanyalah kalori kosong tanpa mineral atau nutrisi. 1 botol minuman bersoda mengandung sekitar 150-200 kalori. Gula melepaskan dopamin dalam tubuh Anda dan memuaskan keinginan Anda, terlebih disaat berbuka puasa. Seiring berjalannya waktu, minuman ini bisa menjadi sangat adiktif karena dikonsumsi secara berlebih.

5. Kerusakan gigi

Minuman bersoda mengandung asam fosfat dan asam karbonat yang dapat mengikis enamel gigi dalam jangka panjang. Asam yang dikombinasikan dengan gula yang akan berkembang biak menjadi bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro