Ilustrasi tidur siang
Health

Waspada, Ini Efek Buruk Tidur Siang Lebih dari 30 Menit

Elsa Hayati Sukma
Sabtu, 15 April 2023 - 21:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Tidur siang yang cukup dapat memberikan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, tahukah Anda jika tidur siang berlebihan dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan jantung, salah satu nya kecepatan detak jantung. 

Para peneliti mengatakan orang yang tidur berjam-jam di siang hari berisiko lebih tinggi mengalami detak jantung tidak teratur. Tidur siang lebih dari 30 menit dapat menyebabkan kondisi irama jantung yang disebut fibrilasi atrium (a-fib). 

“Studi kami menunjukan bahwa tidur siang di siang hari harus dibatasi kurang dari 30 menit” kata penulis studi Jesus Diaz- Gutierrez, Rumah Sakit Universitas Juan Ramon Jimenez di Huelva, Spanyol. 

Dilansir melalui Medical Daily, fibrilasi atrium adalah kelainan jantung yang menyebabkan irama jantung tidak teratur dan terkadang sangat cepat. Hal ini dapat menyebabkan pembekuan darah dari jantung, sehingga meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung lainnya. 

Sebuah studi menyatakan lebih dari 20.000 lulusan Universitas Spanyol berpartisipasi dalam penelitian ini dan mengkategorikan tidur siang dalam tiga kategori yaitu (1). Mereka yang tidak tidur siang, (2). Mereka yang tidur siang kurang dari 30 menit, (3). Mereka yang tidur siang lebih dari 30 menit. Dalam penelitian ini selama masa 14 tahun ditemukan bawa orang yang tidur siang lebih dari 30 menit dapat mengembangkan fibrilasi atrium (a-fib). 

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang tidur siang kurang dari 15 menit memiliki peluang 42% lebih rendah mengembangkan a-fib daripada orang yang tidur siang lebih dari 30 menit berisiko terkena a-fib 56%. 

Tidur siang yang lama dapat mengganggu jam internal tubuh (ritme sirkadian), menyebabkan tidur malam yang lebih singkat, dan lebih banyak mengalami insomnia yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.  

“Sebaiknya, tidur siang singkat dapat meningkatkan ritme sirkadian, menurunkan tekanan darah dan mengurangi stress” 

Hal tersebut, peneliti menyarankan untuk tidur siang secukupnya tidak berlebihan dan tidak kurang karena dapat menyebabkan penyakit yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro