Ilustrasi - Flu burung/abcnews.go.com
Health

Bisa Terpapar pada Manusia, Ini Gejala-gejala Flu Burung

Salma Permata Dewi
Senin, 17 April 2023 - 10:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - China melaporkan kasus kematian pertama yang disebabkan flu burung pada manusia.

Seorang wanita dengan usia 56 tahun dari provinsi Guangdong di China Tenggara jatuh sakit pada (22/2/23) dan meninggal pada (16/3/23).

Melansir The Guardian, H3N8 diketahui beredar sejak 2002 setelah pertama kali muncul di unggas air Amerika Utara. Flu ini diketahui menginfeksi kuda, anjing, dan anjing laut. Sampai laporan China bulan April dan Mei tahun lalu, flu ini sebelumnya tidak terdeteksi pada manusia.

WHO mengatakan, pasien pada kasus kematian karena flu burung di China ini memiliki beberapa kondisi yang mendasarinya, yaitu dia memiliki riwayat terpapar unggas hidup sebelum timbul penyakit dan riwayat keberadaan burung liar di sekitar rumahnya.

Walaupun WHO mengatakan virus flu burung tidak menyebar dengan mudah dari orang ke orang, tetapi sifat virus flu ini terus berkembang. WHO menekankan pentingnya pengawasan global untuk mendeteksi perubahan virologis, epidemiologis, dan klinis terkait dengan virus flu burung.

Adapun gejala umum yang harus diwaspadai oleh masyarakat yang sebelumnya memiliki riwayat kontak dengan unggas atau terjadi kematian unggas secara massal di lingkungan tinggalnya. Berikut gejala-gejalanya melansir situs Kemenkes.

1. Demam
2. Batuk
3. Sakit tenggorokan
4. Nyeri otot
5. Sakit kepala
6. Hidung berair atau tersumbat
7. Mengalami gagal napas, pneumonia, hingga kerusakan organ-organ tubuh apabila tidak mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Masyarakat diharapkan untuk menerapkan sikap waspada dan segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami beberapa gejala tersebut sehingga mendapatkan penanganan sedini mungkin. Lalu, ada juga hal-hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat untuk terhindar dari flu burung menurut NHS.

1. Sering mencuci tangan dengan air hangat dan sabun, terutama sebelum dan sesudah menangani makanan, khususnya unggas mentah
2. Gunakan peralatan yang berbeda untuk daging matang dan mentah
3. Pastikan daging dimasak sampai matang
4. Hindari kontak langsung dengan unggas hidup
5. Jangan mendekati atau menyentuh kotoran burung atau burung yang sakit atau mati
6. Jangan pergi ke pasar hewan hidup atau peternakan unggas
7. Jangan makan telur mentah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro