Makanan Khas Palembang./Freepik
Kuliner

6 Makanan Khas Palembang yang Enak, Tidak Banyak Orang Tahu

Hana Fathina
Rabu, 26 April 2023 - 16:19
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - Palembang Sumatera Selatan terkenal akan makanan khasnya yaitu pempek. Selain pempek, ada makanan khas Palembang lainnya yang enak seperti model dan yang lainnya. Jika kamu sedang berlibur ke Palembang, jangan lupa mencicipi makanan khasnya. Kamu bisa mencoba mulai dari makanan populer, minuman hingga makanan keringnya. Lokasinya bisa di warung kaki lima atau restoran. 

Kebanyakan kuliner khas Palembang menggunakan ikan sebagai bahan utama. Akan tetapi, ada juga kuliner khas Palembang yang memiliki cita rasa manis dan bikin ketagihan. 

Makanan Khas Palembang yang Memanjakan Lidah:

Pempek

Makanan khas palembang satu ini sering dijumpai dimanapun. Pempek terbuat dari daging ikan seperti ikan tenggiri dan sagu, kemudian ditambahkan telur. Pempek ada yang berjenis kapal selam, lenjer dan adaan. Yang khas, pempek disajikan dengan saus khusus yang bernama cuka. Orang Palembang menyebutnya dengan cuko. Cuko terbuat dari campuran gula merah, bawang putih, cabai, garam dan udang ebi. 

Tekwan

Tekwan merupakan olahan dengan bahan utama yang terbuat dari ikan dengan bahan utama yang terbuat dari tepung tapioka. Makanan khas Palembang ini disajikan dengan bakso ikan, mie putih, potongan jamur kuping dan irisan bengkoang dengan kuah dari udang serta daun bawang. 

Pindang Tulang

Makanan khas palembang ini menjadikan tulang sebagai bahan utamanya. Tetapi tulang disini bukan tulang ikan, melainkan tulang sapi dengan sedikit daging dan sumsum tulang. Bahan lainnya yaitu tulang sapi campur cabai hijau, lengkuas, bawang merah, serai, kunyit dan bawang putih. 

Es Kacang Merah

Makanan khas Palembang selanjutnya adalah es kacang merah. Es kacang merah merupakan teman makan pempek. Setelah makan pempek yang pedas, kamu bisa langsung menikmati es kacang merah. Es kacang merah bisa melegakan dahaga apalagi Ketika saat udara cerah. Kamu bisa menemukan es kacang merah di pedagang kaki lima atau restoran pempek. 

Mie Celor

Olahan mie yang satu ini disajikan dengan kuah santan yang kental dengan bumbu khasnya dan tentunya terkenal di Palembang. Selain menggunakan kuah santan, olahan mie ini juga menambah pelengkap untuk menambah cita rasa yaitu irisan telur, daun bawang, udang, tauge, bawang goreng hingga seledri. 

Model

Isian model hampir sama dengan tekwan dan pempek karena menggunakan bahan yang serupa yaitu tepung sagu dan ikan. Namun ada dua jenis model yang bisa kamu coba yaitu model ikan dan gandum. Bahan pelengkap lainnya juga hampir sama dengan tekwan hanya saja ditambahkan mentimun, begitu juga kuah udang yang dicampurkan dengan makanan ini yang tentunya dengan beberapa bumbu pelengkap. 

Ciri-ciri makanan khas Palembang kebanyakan menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Contohnya seperti pempek, otak-otak dan pindang. Selain menggunakan bahan ikan, Palembang memiliki beragam makanan dan minuman lezat. 

Itulah beberapa makanan khas Palembang nikmat yang mungkin belum kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro