Melly Goeslaw cerita mengenai operasi bariatrik yang dilakukannya pada beberapa waktu lalu/Instagram @melly_goeslaw
Health

Melly Goeslaw Beberkan Efek Samping Operasi Potong Lambung, Berbahayakah?

Restu Wahyuning Asih
Kamis, 27 April 2023 - 13:55
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Melly Goeslaw mengungkap efek samping menjalani operasi bariatrik atau operasi pemotongan lambung untuk kesehatannya kini.

Menurutnya, setelah menjalani operasi ini ia menjadi tak bisa mengomsumsi banyak makanan. Bahkan ia harus membagi porsi antara makan dan minum.

"Sekarang makan sedikit sendawa terus, enggak bisa tuh gue fine dining. Sahur paling satu sendok makan nasi, dan makannya pelan-pelan banget. Kalau langsung, sudah, kelar, kenyang banget," kata Melly di Youtube Melany Richardo.

Melly juga mengungkapkan bahwa tak semua orang bisa melakukan operasi bariatrik. Sebab, butuh persetujuan dari sejumlah dokter untuk bisa menjalani operasi tersebut.

"Itu dilakukan sama yang obesitas, enggak semua orang pengin kurus terus mau bariatrik, enggak bisa. Body mass index harus 35, aku ngepas, dan aku sudah diabetes lumayan parah," kata Melly.

Memiliki efek samping dan tak bisa dilakukan oleh sembarang orang, seberapa aman operasi bariatrik?

Dikutip dari laman resmi Mayapada, operasi bariatrik adalah tindakan pembedahan pengecilan lambung untuk menurunkan berat badan, sekaligus mengatasi permasalahan metabolik seperti diabetes, hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi dalam darah) dan obstructive sleep apnea syndrome (OSAS) -- terganggunya pernapasan pada saat tidur.

Operasi ini berupa pengecilan lambung dengan cara laparoskopik (teknik melihat ke dalam perut tanpa melakukan pembedahan besar), yang efektif menurunkan berat badan hingga 5-13.5 Kg/ 4 minggu.

dr. Handy Wing, Sp.B.SubBDig (Spesialis Bedah – Subspesialis Bedah Digestif RS EMC Alam Sutera menyebutkan dalam artikel di laman tersebut, bahwa kriteria pasien untuk melakukan operasi penurunan berat badan adalah dengan memakai tolak ukur : Index Massa Tubuh (IMT) lebih dari 40. IMT > 40 mengindikasikan kelebihan 45 kg di atas berat badan ideal untuk pria atau kelebihan 36 kg di atas berat badan ideal untuk wanita.

Operasi pengurangan berat badan dapat juga menjadi opsi bagi seseorang yang memiliki IMT lebih dari 35 yang disertai berbagai masalah kesehatan lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi, gangguan nafas dan kolesterol tinggi.

Operasi bisa gagal

di halaman selanjutnya...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro