HybeE berjuang untuk menjadi perusahaan platform gaya hidup hiburan terbaik di dunia berdasarkan musik. /hybe
Entertainment

HYBE Memperkenalkan Artis Baru AI MIDNATT, Rilis Lagu Dalam 6 Bahasa

Elsa Hayati Sukma
Selasa, 9 Mei 2023 - 21:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para penggemar dibuat terkejut dengan HYBE dan BIGHIT yang merilis video official logo motion bertuliskan MIDNATT. MIDNATT merupakan artis baru yang menggunakan kecerdasan teknologi AI.

HYBE akan memperkenalkan artis baru yang menggunakan teknologi AI yang ini diberi nama MIDNATT. Artis AI generasi baru ini akan merilis single pertama “Masquerade” yang akan diungkap oleh HYBE pada 15 Mei 2023 dengan menggunakan enam bahasa.

MIDNATT merupakan sebuah kecerdasan buatan “Project L” yang telah didirikan oleh HYBE dan BIGHIT. Dikutip melalui never, dalam wawancara Bang Si-hyuk mengatakan bahwa HYBE telah memulai kolaborasi dengan Superton, sebuah startup lokal yang berspesialisasi dalam penggunaan AI untuk mereplikasi suara manusia. Untuk “Project L” ini akan diungkapkan hasilnya pada bulan Mei.

Dalam siaran persnya, HYBE mengatakan bahwa ingin memberikan tingkat baru pengalaman musik yang imersif kepada penggemar musik global. MIDNATT mengambil tantangan inovatif ini.

“Teknologi Superton ini tidak hanya dapat menirukan suara, tetapi juga dapat dengan sempurna mensimulasikan aksen dan karakteristik tertentu seperti usia” kata Bang Shi-hyuk

“Jika Anda menerapkan aksen orang tertentu ke rekaman suara, Anda akan mendengar suara yang sama sekali berbeda” tambahnya melalui wawancara majalah Billboard.

HYBE bertujuan menggunakan AI untuk memperluas jangkauannya ke berbagai bahasa. Sementara itu, artis K-Pop sering merilis musik dalam bahasa Inggris dan Jepang, dengan menggunakan AI ini untuk pertama kalinya artis K-Pop dapat merilis lagu menggunakan banyak bahasa. Hal tersebut merupakan pertama kalinya bagi HYBE merilis Artis AI untuk menuju dominasi musik global.

Artis AI HYBE, MIDNATT akan debut pada tanggal 15 Mei dengan single digitalnya “Masquerade” dalam enam bahasa berbeda yaitu Korea, Jepang, Inggris, Vietnam, China, dan Spanyol.

Dilansir melalui india today, produser mega K-Pop dan DJ Hitchhiker yang telah memproduseri EXO, Red Velvet, f(x) dan lainnya telah ikut berpartisipasi dalam pembuatan lagu tersebut sebagai produser eksekutif.

MIDNATT merupakan artis di balik “Project L” yang disebutkan oleh Bang Si-Hyuk saat berbicara tentang penggunaan AI di industri musik. Oleh karena itu, Bang Shi-Hyuk yakin di masa depan baru, AI akan memainkan peran besar dalam membangun industri musik untuk yang akan datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro