11 Makanan Khas Thailand, Enak dan Menarik untuk Dicoba/Freepik
Kuliner

11 Makanan Khas Thailand, Enak dan Menarik untuk Dicoba

Nuraini
Minggu, 21 Mei 2023 - 13:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Thailand terkenal dengan keindahan pulau, pantai, dan keunikan bagunan bersejarahnya. Jadi, tidak mengherankan kalau Thailand memiliki daya tarik yang luar biasa sehingga termasuk salah satu negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk liburan.

Tidak hanya itu, makanan khas Thailand juga menjadi daya tarik selanjutnya yang menarik para wisatawan. 

Thailand dikenal dengan jajanan pasarnya yang unik karena terbuat dari berbagai macam serangga, seperti kalajengking, belalang, dan masih banyak lagi.

Selain jajanan pasar, Thailand juga memiliki makanan khas lain yang enak dan menarik untuk Anda coba. Lantas, apa saja makanan khas Thailand yang dimaksud? Simak rekomendasinya di bawah ini.  

Inilah 11 Rekomendasi Makanan dari Thailand

1. Pad Thai

Pad Thai adalah makanan Thailand populer yang bentuknya mirip dengan kwetiau. Makanan tersebut terbuat dari beras, tauge, dan kucai. Biasanya dimakan bersama dengan daging sapi dan  potongan tahu kuning padat.

2. Mango Sticky Rice

Salah satu makanan khas Thailand adalah Mango Sticky Rice. Makanan ini sangat digandrungi oleh para wisatawan. Pasalnya, rasanya unik karena terbuat dari mangga, ketan, dan santan. 

3. Nasi Goreng Khao Pad

Berbeda dengan nasi goreng di Indonesia yang menggunakan sedikit bahan pelengkap, nasi goreng di Thailand menggunakan bahan pelengkap yang terdiri atas potongan paprika, mentimun, dan cabai. Makanan khas thailand ini biasanya disajikan bersama dengan udang, ayam, dan kepiting. 

4. Khaeng Phet

Khaeng Phet disebut juga dengan sup pedas. Sup pedas Khaeng Phet memiliki rasa yang khas karena menggunakan banyak bumbu dalam proses pembuatannya. 

Daging babi, ayam, atau sapi menjadi hidangan utamanya, daging ini dilumuri dengan kari merah. Enak disantap dengan nasi putih hangat. 

5. Tom Yum

Makanan tradisional Thailand yang satu ini sangat terkenal hingga mancanegara. Makanan thailand ini merupakan sup pedas dengan kuah santan ataupun kuah bening yang berisi ikan, udang, dan masih banyak lagi.

Di restoran Thailand, terdapat menu Tom Yum Goong yang berisi udang, Tom Yum Po Taek yang berisi hidangan laut, dan Tom Yum Pla yang berisi ikan. 

6. Gai Yang

Gai Yang adalah ayam bakar utuh khas Thailand. Sebelum dibakar, ayam dibaluri dengan bumbu khusus agar rasanya menjadi lebih khas. Setelah dibakar, ayam dipotong-potong dan disajikan di atas piring besar agar bisa disantap dengan mudah. 

7. Moo Ping

Makanan khas Thailand yang satu ini terbuat dari daging babi sehingga tidak cocok untuk mereka yang sedang mencari makanan halal. Moo Ping terbuat dari potongan daging babi yang sudah direndam dengan saus ikan dan daun ketumbar. Kemudian, daging babi dibakar di atas bara api sambil dibubuhi dengan santan. 

8. Khanom Krok

Khanom Krok merupakan makanan tradisional Thailand yang terbuat dari tepung, santan, garam, dan gula aren dengan tambahan daun bawang di atasnya. 

9. Larb

Larb adalah sejenis salad dengan campuran daging cincang. Makanan thailand ini menggunakan daging babi, daging sapi, ataupun daging ayam. 

10. Nai Mong Hoy Tod

Nai Mong Hoy Tod adalah makanan khas Thailand berupa telur dadar dengan tambahan daging kerang di dalamnya. Biasanya dimakan bersama dengan saus. 

11. Pad Sataw

Makanan khas Thailand yang menggunakan petai dan jengkol adalah Pad Sataw. Meskipun petai dan jengkol identik dengan bau yang tajam, makanan ini punya cita rasa enak. Biasanya dimasak dengan daging babi ataupun udang. 

Itulah 11 Makanan Khas Thailand yang menarik untuk Anda coba. Namun, beberapa makanan di atas terbuat dari bahan yang tidak halal.

Jadi bagi Anda yang hanya makan makanan halal, Anda wajib selektif dan aktif mencari tahu mengenai bahan-bahan yang dipakai di dalam masakan yang ingin dicoba ketika sedang di Thailand agar terhindar dari sesuatu yang haram. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro