Selebritis dunia yang mengidap penyakit langka.
Health

Dari Celine Dion hingga Billie Eilish, Ini Daftar Artis Dunia yang Idap Penyakit Langka

Arlina Laras
Selasa, 30 Mei 2023 - 13:18
Bagikan

Dari Celine Dion hingga Billie Eilish, Ini Daftar Artis Dunia yang Idap Penyakit Langka

Selebritas Dunia yang Mengidap Penyakit Langka

Dari Celine Dion hingga Billie Eilish, Ini Daftar Artis Dunia yang Idap Penyakit Langka

1. Celine Dion, Stiff-Person Syndrome

Pelantun My Heart Will Go On ini didiagnosis menderita penyakit langka yang memengaruhi saraf dalam tubuhnya. 

Penyakit neurologis langka ini dikenal sebagai "Stiff-Person Syndrome", yang mengakibatkan tubuhnya menjadi kaku, sering mengalami kejang, dan membuatnya kesulitan dalam menyanyi. 

Melalui unggahan di Instagram pada Kamis (8/12/2022), Dion mengungkapkan rasa penyesalannya karena terpaksa harus menunda sejumlah pertunjukan dalam tur "Courage World Tour" yang telah dijadwalkan.

"Sementara kami masih belajar tentang kondisi langka ini, kami sekarang tahu inilah yang menyebabkan semua kejang yang saya alami," kata Dion.

Melansir dari Stiff Person Syndrome Foundation, sindrom orang kaku bak patung ini sangat jarang terjadi. Hanya sekitar satu dari satu juta orang yang mengidap sindrom ini.

Wanita diperkirakan dua kali lebih banyak mengalami sindrom orang kaku dibandingkan pria. Gejala dapat terjadi pada usia berapa pun tetapi biasanya berkembang antara usia 30-60 tahun.

2. Justin Bieber, Ramsay Hunt Syndrome

Justin Bieber juga menghadapi perjuangan dengan penyakit langka yang dikenal sebagai sindrom Ramsay Hunt.

Sindrom ini merupakan komplikasi langka dari virus herpes zoster dan cacar air yang menyebabkan gangguan saraf pada wajah. Akibatnya, Justin Bieber terpaksa membatalkan konser-konsernya di beberapa negara.

Justin Bieber mengabarkan kondisi kesehatannya ini melalui unggahan video berdurasi dua menit di akun Instagram pribadinya pada Juni 2022. 

Penyanyi tembang "Love Yourself" mengatakan sindrom tersebut menyerang saraf di telinga dan wajahnya. Selain itu, ia juga menunjukan keadaan sisi kanan wajahnya yang tidak dapat digerakan.

Mengutip dari Primaya Hospital, Ramsay Hunt Syndrome (RHS) adalah sebuah gangguan neurologis langka yang memiliki ciri ciri kelumpuhan otot saraf wajah (palsy) dan ruam yang ada di telinga atau mulut. 

Selain itu kelainan bunyi suara di telinga (tinnitus) dan gangguan kehilangan kemampuan mendengar.

3. Gaten Matarazzo, Cleidocranial Dysplasia

Gaten Matarazzo, bintang serial "Stranger Things," lahir dengan Cleidocranial Dysplasia (CCD), sebuah kelainan genetik langka yang memengaruhi pertumbuhan gigi dan tulang.

Penderita CCD biasanya memiliki gigi susu yang bertahan lebih lama, gigi permanen yang tidak tumbuh sempurna, serta masalah dalam pertumbuhan tulang tengkorak dan tulang lainnya.

Kelainan ini disebabkan oleh mutasi pada gen RUNX2 yang bertanggung jawab atas pertumbuhan tulang dan gigi yang normal.

CCD dianggap langka karena kejadiannya jarang terjadi dalam populasi umum. Prevalensi CCD dilaporkan sekitar 1 dari 1 juta individu.

Selain gejala-gejala di atas, penderita CCD juga dapat mengalami beberapa gejala tambahan seperti kelainan pada sendi, kelengkungan tulang belakang (skoliosis), keterlambatan perkembangan motorik, dan masalah pendengaran.

4. Lady Gaga, Fibromyalgia Syndrome

Lady Gaga ternyata pernah memiliki penyakit misterius yang dikenal dengan nama Fibromyalgia Syndrome (FMS) pada 2017. 

Penyakit ini dapat menimbulkan rasa sakit di sekujur tubuh, kelumpuhan, bahkan gangguan ingatan jika penderitanya terlalu lelah. 

FMS adalah sebuah gangguan kronis yang ditandai dengan rasa sakit yang meluas di seluruh tubuh, kelelahan yang berkepanjangan, gangguan tidur, kekakuan otot, serta masalah kognitif seperti gangguan ingatan dan konsentrasi. 

Meskipun penyebab pasti FMS belum diketahui, faktor-faktor seperti keturunan, stres, dan perubahan kimia dalam otak diyakini berperan dalam perkembangan kondisi ini. Penderita FMS sering mengalami fluktuasi gejala, dengan periode kekambuhan dan periode penurunan gejala.

5. Jada Pinkett Smith, Alopecia

Pada 2018, Jada didiagnosa penyakit autoimun Alopecia. Namun dia baru mengungkapkannya ke publik pada akhir 2021. Melalui sebuah video di Instagram, Jada berbicara mengenai kondisi kesehatannya. 

"Lihat garis ini di sini. Sekarang ini akan menjadi sedikit lebih sulit bagi saya untuk menyembunyikannya. Jadi saya pikir saya akan membagikannya sehingga kalian tidak mengajukan pertanyaan apa pun," ucap Jada pada saat itu.

Alopecia merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan seseorang mengalami kerontokan rambut hingga kebotakan. Penyakit ini menyerang dan merusak folikel rambut.

Penyakit ini membuat folikel rambut menjadi mengecil hingga akhirnya berhenti memproduksi rambut. Meski belum diketahui secara pasti apa penyebab seseorang menderita penyakit ini, namun beberapa penelitian mengarah pada faktor virus, hormon, hingga tingkat stres seseorang. 

Pada penderita alopecia, dalam folikel rambut keluar sitokin proinflamasi dan kemokin yang kemudian menyebabkan terhentinya produksi rambut. Akibatnya, rambut menjadi rontok dan akhirnya menjadi botak.

6. Lewis Capaldi dan Billie Eilish, Sindrom Tourette

Lewis Capaldi dan Billie Eilish sama-sama mengidap Sindrom Tourette. 

Sindrom Tourette adalah gangguan neurologis yang ditandai dengan tics, yaitu gerakan dan suara yang tidak terkontrol. 

Tics dapat berupa gerakan yang berulang-ulang, seperti mengedipkan mata atau menggerakkan kepala, serta suara seperti mengeluarkan kata-kata atau bunyi-bunyian.

Lewis Capaldi telah mengungkapkan rencananya untuk berhenti bermusik jika kondisi Tourette Syndrome-nya semakin memburuk.

Ini menunjukkan gejala Tourette dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk menjalani kegiatan tertentu, termasuk berkarier dalam industri musik.

Billie Eilish juga mengonfirmasi bahwa dia menderita sindrom Tourette melalui akun Instagram-nya setelah video-video tentang dirinya dan penyakitnya beredar di internet. Hal ini menunjukkan bahwa Billie Eilish juga telah berjuang dengan Sindrom Tourette sejak kecil.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro