Ilustrasi/Top10inaction
Travel

Tips Traveling Hemat Bareng Si Kecil Saat Liburan Sekolah

Arlina Laras
Kamis, 1 Juni 2023 - 18:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah keinginan untuk memberikan pengalaman liburan sekolah yang menyenangkan bagi anak-anak, penting untuk menemukan keseimbangan antara kesenangan dan keuangan.

Merujuk pada data internal Traveloka, CEO of Transport Traveloka Iko Putera mengatakan bulan Juni tahun ini merupakan momentum liburan sekolah pertama setelah pandemi mereda. 

“Kami mengamati adanya lonjakan minat pariwisata domestik maupun internasional yang luar biasa, terutama segmen family travel,” ujarnya dalam Konferensi Pers, Rabu (31/5/2023).

Dari jumlah perjalanan tersebut, 75 persen aktivitas pada saat liburan adalah seputar kuliner dan belanja, diikuti dengan kunjungan ke tempat wisata dan museum, taman hiburan, pantai dan kebun binatang.

Lantas, bagaimana cara untuk tetap menghemat pengeluaran dan tetap dapat menikmati liburan yang menyenangkan dengan anak-anak? 

1. Pilih destinasi yang terjangkau

Pertimbangkan untuk mengunjungi destinasi yang lebih terjangkau, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Ada banyak tempat wisata menarik yang tidak terlalu populer tetapi tetap menyenangkan untuk dikunjungi bersama anak-anak.

“Saya merekomendasikan kalau ke luar negeri itu ke Vietnam. Sementara untuk wisata baru di Indonesia sendiri ada Banyuwangi, mereka menawarkan pengalaman yang sangat-sangat berbeda dan tentunya biayanya sangat terjangkau,” terang Iko. 

2. Cari promo dan diskon

Hindari membeli tiket dalam waktu dekat atau pada saat keberangkatan karena harga yang ditawarkan cenderung lebih mahal. 

Dengan memesan lebih awal, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau dan memanfaatkan penawaran promosi yang mungkin tersedia.

Menurut Iko, mengunjungi pameran liburan atau travel fair juga bisa menjadi pilihan yang baik. Pada acara semacam ini, seringkali terdapat penawaran harga khusus dan promo potongan harga yang menarik. 

"Anda dapat mengeksplorasi berbagai paket liburan yang ditawarkan oleh travel agent, yang sering kali mencakup tiket pesawat, penginapan, dan bahkan konsumsi dengan harga yang lebih kompetitif," ujarnya. 

3. Pilih akomodasi yang ramah keluarga

Cari akomodasi yang menawarkan fasilitas ramah keluarga, seperti kamar keluarga atau apartemen dengan dapur kecil. Dengan memasak sendiri beberapa makanan, Anda dapat menghemat biaya makan di luar.

4. Rencanakan kegiatan gratis atau murah

Temukan kegiatan gratis atau murah di destinasi Anda. Banyak tempat wisata menawarkan taman bermain, taman hiburan, atau museum dengan harga terjangkau atau bahkan gratis.

5. Siapkan perlengkapan pribadi 

Obat-obatan, peralatan mandi, makanan ringan, dan kebutuhan yang sekiranya akan diperlukan selama berwisata, lebih baik dipersiapkan sebelum keberangkatan. Ini akan membantu menghindari pembelian makanan mahal di tempat-tempat wisata.

6. Rencanakan kegiatan di alam bebas

Nikmati kegiatan di alam bebas seperti berjalan-jalan di taman, hiking, atau bermain di pantai. Ini adalah kegiatan yang murah atau bahkan gratis dan bisa sangat menyenangkan untuk anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro