Bayi dipijat
Health

Jangan Sembarangan Menggelitik Bayi karena Berbahaya, Ini Alasannya

Arlina Laras
Kamis, 8 Juni 2023 - 11:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Ada sejumlah tindakan yang boleh dan tidak boleh dilakukan terkait dengan bayi baru lahir. Misalnya, soal bagaimana mengangkat bayi dengan menopang lehernya, hal ini dilakukan menjaga kestabilan leher dan kepala. 

Lalu, pemberian makanan bayi tidak tertunda hingga tindakan yang dinilai lumrah padahal membahayakan.

Masalahnya ada banyak orang tua yang kerap menggelitik bayi sebagai cara yang menyenangkan untuk berinteraksi dengannya.

Di sini, para ahli memperingatkan soal efek samping berbahaya bagi bayi yang baru lahir. Mereka memaparkan, seorang bayi masih memiliki refleks yang belum matang dan sensitif terhadap sentuhan yang kuat atau tiba-tiba.

Tindakan menggelitik bisa merangsang refleks tersebut dan menyebabkan gerakan yang tidak terkontrol, yang dapat berisiko cedera atau mengganggu perkembangan bayi.

Secara rinci, Ginekolog dan Ahli Kedokteran Janin Deepthi Jammi menjelaskan alasan di balik seseorang tidak boleh menggelitik bayi.  

Dia mengungkapkan, jika bayi digelitik, maka sang bayi akan mulai tertawa tak terkendali yang membuat otot dada dan perut berkontraksi dan rileks.

Gerakan ini dapat menyebabkan cegukan pada bayi dan bayi bahkan mungkin terengah-engah.

Hal senada juga disampaikan oleh Konsultan Neonatologis dan Dokter Anak Motherhood Hospital Pune Jagdish Kathmate yang juga mengatakan tindakan menggelitik menjadi hal yang dilarang keras.

“Menggelitik berdampak pada tubuh anak dalam banyak hal. Jika anak digelitik terlalu kuat atau bahkan di banyak area sensitif, seperti leher atau selangkangan, dapat menyebabkan rasa sakit, tidak nyaman, bahkan trauma," ujarnya dikutip dari Indian Express,  Kamis (8/6/2023).

Gelitikan yang berlebihan juga dapat menyebabkan nyeri dada dan perut, yang memerlukan perhatian medis segera, yang mengejutkan, suara cekikikan saat menggelitik tidak disengaja dan dapat menyebabkan kesulitan bernapas.

Bahkan yang lebih parah, menggelitik bahkan dapat menyebabkan kematian akibat sesak napas, aneurisma otak, atau cedera terkait stres lainnya jika dilakukan terus-menerus.

Pediatri dan neonatologi Unit Ibu dan Anak Kesehatan Paras, Gurugram Manish Mannan pun turut mengungkapkan, ada banyak cara lain untuk membuat bayi Anda merasa bahagia dan para orang tua bisa menjalin kedekatan dengan sempurna, 

Cara untuk jalin kedekatan dengan bayi

Berikut beberapa cara lain yang bisa dilakukan orang tua untuk menjalin kedekatan dengan buah hati, tanpa menggelitik, atau melakukan gerakan berbahaya bagi bayi: 

1. Orang tua dapat menggunakan beberapa tetes minyak untuk memijat bayi dengan lembut, yang juga membantu lebih terhubung dengan bayi. Pasalnya, bayi akan merasa rileks, aman dan nyaman. 

2. Orang tua juga dapat menyanyikan lagu atau membacakan buku untuk bayi.

3. Seseorang bahkan dapat melakukan sapuan jari lembut di atas tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro