Pemain sinetron dan musisi Aldi Taher. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @alditaher.official
Health

Kerap Menghibur, Ternyata Aldi Taher Pernah Idap Kanker yang Buatnya Putus Asa

Restu Wahyuning Asih
Kamis, 15 Juni 2023 - 14:27
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Aldi Taher terus menjadi perbincangan netizen di media sosial karena berbagai kontroversinya.

Terbaru ia menghebohkan publik lantaran lagu ciptaannya untuk Lionel Messi digunakan oleh akun Instagrm resmi FIFA pada Rabu (14/6/2023).

Lagunya itu bahkan di-repost oleh Fabrizio Romano di akun Twitternya. Jurnalis sepak bola terkenal itu menuliskan bahwa lagu Aldi Taher bagus.

Sebelum ini, Aldi Taher juga membuat heboh karena serangkaian aksinya. Mulai dari membuat konser, wawancara nyeleneh, hingga terjun di dunia politik.

Ternyata di balik sikapnya yang menghibur ini, Aldi Taher sempat dinyatakan hampir depresi dan putus asa karena penyakit yang diidapnya.

Meski sembuh, Aldi tak memungkiri dirinya putus asa karena penyakit kanker kalenjar getah bening yang mengharuskannya menjalani kemoterapi.

Dalam sebuah wawancara pada 2022 lalu, Aldi mengungkapkan bahwa kejiwaannya ikut terganggu hingga ingin bunuh diri.

Saat itu kanker Aldi Taher diketahui telah memasuki stadium dua. Hal ini menyebabkan sang artis tak bisa leluasa bekerja sebagai penghibur.

Bahaya Kanker Kalenjar Getah Bening

Melansir Mayo Clinic, Kanker Kelenjar Getah Bening atau Limfoma adalah kanker sistem limfatik, yang merupakan bagian dari jaringan tubuh yang melawan kuman.

Limfoma ini dapat memengaruhi semua area saraf dan organ di seluruh tubuh. Kanker ini terjadi ketika limfosit atau sel darah putih yang melawan penyakit, mengembangkan mutasi genetik dengan cepat.

Hal ini menyebabkan banyak limfosit yang sakit yang terus berkembang biak. Akibatnya terjadi mutasi yang memungkinkan sel-sel untuk terus hidup ketika sel-sel normal lainnya akan mati.

Banyaknya sel limfosit yang sakit dan tidak efektif di kelenjar getah bening ini akhirnya menyebabkan kelenjar getah bening, limpa, dan hati membengkak.

Tidak hanya itu, kelenjar getah bening ini menyimpan sel daya tahan tubuh seperti sel darah putih. Dalam kondisi normalnya, kelenjar getah benih memiliki ukuran sebesar biji kacang, namun jika membengkak bisa berukuran dari sebesar buah ceri sampai ke ukuran yang lebih besar.

Kelenjar getah bening terdapat pada beberapa bagian tubuh, seperti ketiak, dagu belakang telinga, leher, pangkal paha, dan pada bagian belakang kepala.

Apabila kelenjar getah bening membengkak maka itu berarti terjadinya infeksi, dan pembengkakan tersebut bermaksud sebagai tanda kalau ada infeksi tersebut.

Gejala Kanker Getah Bening

  • Benjolan pada leher dan ketiak
  • Sakit kepala yang sering
  • Demam
  • Keringat dingin
  • Sesak napas
  • Penurunan BB secara drastis
  • Kulit gatal

Pengobatan limfoma pun berbeda-beda tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Namun biasanya menderita kanker ini akan disarankan untuk menjalani pengobatan kemoterapi, obat imunoterapi, terapi radiasi, transplantasi sumsum tulang atau beberapa kombinasi beberapa jenis terapi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro