Air mineral
Health

Kandungan dan Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Tubuh

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 15 Juni 2023 - 14:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Air mineral juga dikenal sebagai mata air karena berasal dari mata air alami, yaitu tempat keluarnya air bawah tanah yang bergerak dari lubang di permukaan tanah.

Air mineral juga dapat dibuat secara artifisial dengan menambahkan garam ke air suling atau mengaerasinya dengan karbon dioksida untuk menghasilkan lebih banyak karbonasi. Namun, air mineral secara alami berkarbonasi dengan derajat yang berbeda-beda.

Dilansir dari Webmd, kandungan nutrisi air mineral alami dan buatan sangat bervariasi, namun biasanya memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium karbonat, magnesium sulfat, kalium, sodium sulfat, dan juga mungkin mengandung gas seperti karbon dioksida dan hidrogen sulfida.

Karena kandungan karbonasi dan mineralnya, air mineral diketahui memberikan banyak manfaat kesehatan, di antaranya sebagai berikut

1. Berkontribusi pada Kesehatan Jantung

Dalam sebuah penelitian, wanita pasca menopause minum 1 liter air mineral per hari selama dua periode masing-masing dua bulan. Hasilnya menunjukkan bahwa asupan air mineral menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Karena kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan kondisi lainnya, air mineral membantu menjaga kesehatan jantung dan bekerja dengan baik.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Dalam satu studi tahun 2004, para peneliti mengevaluasi efek air mineral pada subjek yang semuanya memiliki hipertensi batas (tekanan darah tinggi) serta kadar kalsium dan magnesium yang rendah. Setelah empat minggu minum air mineral, mereka mencatat penurunan tekanan darah yang signifikan pada orang-orang ini.

3. Meredakan Gejala Sembelit

Bagi penderita dispepsia (gangguan pencernaan) dan konstipasi, air mineral berkarbonasi dapat mengurangi konstipasi serta memperbaiki gejalanya secara signifikan. Sebagai manfaat tambahan, itu juga dapat meningkatkan fungsi kandung empedu.

4. Resiko kesehatan

Meskipun tidak ada risiko kesehatan yang terkait dengan meminum air mineral itu sendiri, meminumnya dari botol plastik dapat menimbulkan risiko tertentu.

Sementara itu, dokter Tjahyadi Soegiono mengatakan kebutuhan air mineral juga dibutuhkan para atlet.

Pasalnya, setiap atlet yang berlaga membutuhkan air mineral yang tepat untuk mengganti cairan tubuh dan mineral yang hilang melalui keringat dan urin.

Air mineral dengan kandungan mineral yang berkualitas inilah yang akan berperan penting untuk mendukung mempertahankan kebugaran dan kesegaran tubuh serta mencegah cedera akibat panas tubuh yang berlebih pada atlet Indonesoa Open 2023.

Kekurangan cairan dan mineral bagi seorang atlet dapat mengganggu performa saat bertanding. 

"Air mineral yang berkualitas sangat penting bagi seorang atlet untuk menghindarkan mereka dari kekurangan cairan dan juga mineral. Mereka memiliki kebutuhan cairan dan mineral yang lebih banyak dari orang lainnya.  Oleh karenanya air mineral dengan kandungan mineral esensial-lah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama atlet,” ungkapnya.

Lebih jauh dokter Tjahyadi mengatakan suatu keharusan bagi atlet untuk menjaga takaran cairan dan juga kualitas mineralnya. Jika orang pada umumnya butuh minum minimal 2,5  liter, seorang atlet bisa di atas 3 liter.

Demikian pula untuk kebutuhan mineralnya. Karena mineral ini adalah nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia dalam proses fisiologis agar organ tubuh menjalankan fungsinya dengan baik.

"Takaran mineral atlet harus lebih dibanding orang biasa. Bergantung pada beratnya kondisi latihan atau pertandingan," imbuh dokter umum lulusan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya ini.

Tenaga kesehatan yang bertugas sebagai Kepala Bidang Kesehatan turnamen Indonesia Open 2023 ini menambahkan, air kemasan  yang mengandung mineral esensial-lah yang disarankan untuk dapat dikonsumsi sehari-hari oleh para atlet.

Selain itu, tentunya air tersebut sudah teruji secara klinis dan aman dikonsumsi. 

"Selain atlet, masyarakat juga harus cermat memilih air mineral yang kandungan mineral esensialnya  berkualitas untuk menjaga kebugaran tubuh setiap hari. Kandungan mineral tersebutlah yang kemudian akan terasa lebih segar dan dapat memberi pengaruh baik pada tubuh," kata dokter Tjahyadi.

Tahun ini, Indonesia Open 2023, kembali mempercayakan Le Minerale sebagai air mineral resmi bagi para atlet yang berlaga.

Ketua Panitia Pelaksana Armand Darmadji melalui keterangan tertulisnya, menyatakan bahwa Le Minerale telah lolos seleksi dan resmi dipercaya kembali sebagai air mineral resmi pada Indonesia Open 2023. Bahwa melalui kualitas dan kesegaran yang terkandung, Le Minerale layak menjadi sponsor mineral water di turnamen sekelas Indonesia Open.  

Head of Public Relations Le Minerale Yuna Eka Kristina menjelaskan Le Minerale terpilih menjadi air mineral resmi pada laga bulutangkis internasional ini setelah 3 tahun berturut-turut 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro