Ilustrasi bakat dan potensi diri/
Health

Tips Mengembangkan Bakat Anak Menurut Psikolog

Sabina Arla Yogandini
Rabu, 21 Juni 2023 - 18:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap manusia memiliki talenta yang dapat berkembang apabila ditemukan dan digali. Adapun ajang pencarian bakat juga menjadi wadah bagi anak-anak untuk melatih kepercayaan diri mereka.

“Ajang pencarian bakat menjadi salah satu cara yang inovatif untuk membantu putra putri kita, anak-anak muda Indonesia mengekspresikan diri mereka dengan pencapaian,” ujar psikolog Yasinta Indrianti, dalam media Gathering Yupi’s Good Talent 2023 pada Rabu (21/6/2023).

Oleh karena itu, para orang tua diharapkan untuk membantu anaknya dalam menggali bakat yang dimiliki oleh sang anak.

Yasinta Indrianti mengatakan bahwa untuk menggali bakat sang anak pertama-tama dimulai dengan acceptance atau proses penerimaan terhadap kondisi sang anak karena kerap kali ada orang tua yang suka membandingkan kemampuan anaknya dengan orang lain.

Kedua, acknowledge yang dimana nantinya bibit-bibit bakat mulai muncul sehingga mudah untuk dilihat dan diobservasi kedepannya. Hal itu dikarenakan bakat atau talenta merupakan energi terbesar yang dimiliki oleh setiap orang, termasuk anak-anak. Jadi bakat atau talenta itu pada dasarnya energi terbesar yang kita punya.

Ketiga, attention yang dimana setiap orang tua perlu memberikan perhatian terhadap bakat atau talenta yang dimiliki sehingga anak-anak dapat berkembang. Namun, sebelumnya orang tua perlu mengetahui apakah hal tersebut memang bakat alami atau hanya sekadar keinginan saja.

“Yang paling penting saat mengeksplorasi bakat adalah bakat itu hanya bisa dikembangkan dengan usaha. Jika tidak ditemukan, disirami, dirawat, tidak dijaga, dia tidak akan berkembang,” ujar Yasinta Indrianti.

Dia menambahkan apabila bakat tersebut sudah ditemukan dan digali, bakat itu dapat bertumbuh dan menginspirasi banyak orang, salah satunya melalui ajang pencarian bakat.

“Mengembangkan bakat itu menjadi salah satu kunci mental health karena yang kita tahu kemudian kita mampu apa yang memang harus kita lakukan dan kembangkan” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro