Rambut rontok/klikdokter
Health

Stres Sebabkan Rambut Rontok, Ini Cara Mengobatinya

Sabina Arla Yogandini
Sabtu, 22 April 2023 - 05:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami stres. Mungkin dari Anda telah mengetahui tentang bagaimana stres dapat mempengaruhi kesehatan mental atau mengganggu pola tidur Anda. Namun, ternyata terdapat faktor lain yang menyebabkan stres, yaitu kerontokan rambut.

Jika Anda menarik atau menggosok rambut Anda yang akhirnya membuat rambut Anda menjadi rontok, mungkin saja hal tersebut berkaitan dengan stres yang tengah Anda alami. Tentunya stres perlu dihindari karena dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Dilansir dari healthshots.com, para ahli mencatat bahwa tidak semua kerontokan rambut berhubungan dengan stres. Adapun kondisi medis lain yang mendasari atau faktor genetik yang membuat kerontokan pada rambut.

Untuk mengatasi kerontokan rambut yang disebabkan oleh stres sebenarnya belum ada obat yang pasti. Namun, Anda dapat melakukan perawatan rambut rontok untuk memperbaiki kondisi rambut Anda seperti sedia kala.

Dilansir dari healthshots.com, berikut adalah pengobatan rambut rontok yang dapat Anda lakukan:

1. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa kaya akan asam lemak yang dapat menutrisi dan melembabkan rambut. Selain itu, sifat antibakteri dan antijamurnya dapat membantu menjaga kulit kepala Anda tetap sehat. Aplikasikan minyak pada rambut dan kulit kepala, tunggu selama 30 menit, lalu cuci dengan sampo. Anda dapat melakukannya sekali atau dua kali seminggu, sesuai dengan tingkat kerusakan rambut.

2. Lidah buaya

Kandungan enzim yang ada pada lidah buaya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut lebih sehat dan menenangkan kulit kepala yang meradang. Anda dapat menggunakan gel lidah buaya sebagai kondisioner alami apabila Anda memiliki kulit kepala yang sensitif dan kering. Untuk penggunaannya, oleskan gel pada rambut dan kulit kepala, tunggu sekiranya 10 hingga 15 menit, lalu gunakan shampo untuk membersihkannya. Anda dapat melakukannya seminggu sekali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro