Disneyland Paris
Travel

Tempat-Tempat yang Dilarang Dilintasi Pesawat, Sudah Tahu Belum?

Salma  Permata Dewi
Senin, 26 Juni 2023 - 19:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pesawat memiliki lajurnya sendiri dan tidak sembarangan melintasi tempat-tempat tertentu. Ada beberapa tempat yang dilarang dilintasi pesawat di dunia ini.

Dilansir dari Reader’s Digest, pesawat memiliki zona larangan terbang. Zona larangan terbang terutama merupakan tindakan pengamanan. Pesawat dilarang terbang terlalu dekat dengan tempat tertentu untuk mencegah atau setidaknya mengidentifikasi pesawat yang berpotensi bermusuhan.

Terkadang zona larangan terbang muncul karena perintah eksekutif atau tindakan Kongres. Bukan berarti tidak akan pernah ada pesawat yang bisa terbang di atas tempat-tempat ini.

Banyak dari zona ini membatasi penerbangan pesawat hingga 3.000 kaki di atas atau lebih tinggi yang berarti pesawat tidak dapat terbang lebih dekat dari itu.

Dilansir dari Simple Flying, banyak faktor yang memunculkan zona larangan terbang. Faktor-faktor tersebut, seperti alasan politik, agama, sejarah, dan lingkungan. Semua faktor tersebut pun memiliki alasannya masing-masing.

Zona larangan terbang di tempat-tempat suci agama tertentu ditujukan untuk menghormati orang-orang yang beribadah.

Tempat yang dilarang karena faktor lingkungan muncul karena beberapa tempat mengalami kerusakan lingkungan setelah dilintasi pesawat. Adapun alasan keselamatan pengunjung pada beberapa tempat di zona larangan ini.

Berikut beberapa tempat yang termasuk dalam zona larangan terbang di dunia.

1. Washington, D.C.

Ibu kota negara, tempat tinggal presiden, anggota Kongres, dan pusat pemerintahan merupakan zona larangan terbang yang paling masuk akal.

Hal ini dikarenakan untuk menjaga elit politik. Jika seseorang melanggar zona larangan terbang prosesnya bukanlah lelucon. Pada 2005, seorang pilot dan siswa terbang secara tidak sengaja membelok ke zona larangan terbang alhasil semua Capitol harus segera dievakuasi.

2. Kamp Daud

Area yang dilarang karena faktor politik lainnya adalah Camp David di Maryland. Retret negara kepresidenan ini adalah area terlarang yang ditandai dengan kombinasi huruf dan angka, P-40. Area yang ditunjuk oleh P-40 memiliki radius tiga mil laut. Larangan selalu berlaku, tapi saat presiden berkunjung, zona larangan terbang diperluas melalui TFR atau pembatasan penerbangan sementara. TFR meningkatkan zona larangan terbang hingga sepuluh mil laut.

3. Area 51

Pangkalan militer terkenal yang berharap untuk melihat bukti luar angkasa ini adalah zona larangan terbang seperti beberapa lokasi militer lainnya. Satu-satunya penerbangan yang diizinkan terbang ke Area 51 harus berasal dari terminal tertentu di bandara tertentu, yakni Bandara Internasional McCarran Las Vegas. Pesawat itu sendiri harus menggunakan tanda panggil "Janet" untuk mendapatkan izin memasuki wilayah udara.

4. Disneyland dan Disney World

Walt Disney World Florida dan Disneyland California yang termasuk zona larangan terbang termasuk dalam tindakan Kongres yang berfokus pada keselamatan udara. Tempat hiburan tersebut tidak ingin pesawat terbang rendah menakut-nakuti fauna Animal Kingdom. Selain itu, faktor yang mendasari adalah keselamatan pengunjung yang berada di tempat tersebut.

5. Pangkalan Kapal Selam Angkatan Laut Kings Bay

Pangkalan angkatan laut di St. Marys, Georgia merupakan P-50 yang ditetapkan pada akhir 2005. Angkatan Laut AS meminta zona larangan terbang dan FAA kemudian mengusulkannya, seperti biasanya.

“Sebagian besar zona terlarang ini dibuat sebagai tanggapan atas permintaan kelompok kepentingan khusus,” jelas Daniel Burnham, pakar penerbangan untuk Scott’s Cheap Flights.

6. Pangkalan Angkatan Laut Kitsap

Pangkalan Angkatan Laut Kitsap terletak di seberang Teluk Elliott dari Seattle. Kitsap menampung kapal permukaan, kapal selam, dan rudal balistik. Zona larangan terbang ini adalah P-51.

7. Pabrik perakitan nuklir Pantex

Tempat ini terletak di timur laut Amarillo, Texas. Selain senjata nuklir, Pantex juga membongkar rudal. Pantex termasuk zona larangan terbang demi keamanan.

8. Gunung Vernon

Gunung Vernon adalah salah satu dari sedikit tempat rekreasi yang masuk dalam zona larangan terbang. Bahkan calon fotografer udara pun tidak dibebaskan dari larangan terbang. Dan meski pengunjung masih bisa memotret Gunung Vernon, ada banyak tempat yang melarang pengunjung untuk memotret.

9. Pusat Luar Angkasa Kennedy

Tempat ini terletak di Cape Canaveral, Florida. Banyak pesawat luar angkasa yang lepas landas di tempat ini. Namun, pesawat komersial dilarang oleh pemerintah melintas di dekat area ini.

10. Batas Perairan Canoe Area Hutan Belantara

Tempat ini termasuk salah satu tempat yang indah. Ada lebih dari satu juta hektar di Minnesota yang ditetapkan sebagai area larangan terbang pada 1949. Presiden Harry Truman menandatangani perintah eksekutif mengenai area larangan terbang.

11. Peternakan Keluarga Bush

"Western White House" yang juga dikenal sebagai Peternakan Kapel Prairie diakuisisi oleh George W. Bush pada akhir 1990-an. Dia dan istrinya Laura menyelesaikan pembangunan rumah itu sendiri pada 2001 dan sejak itu menjadi tempat liburan yang populer bagi keluarganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro