Perempuan solo traveling/pegipegi
Travel

Ini Tips Solo Travel Keliling Dunia ala Fe Angka dan Rani Aulia

Salma Permata Dewi
Selasa, 27 Juni 2023 - 10:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa orang suka melakukan perjalanan traveling sendirian untuk berlibur. Perjalanan solo, baik dalam negeri atau luar negeri, perlu melakukan banyak persiapan.

Biasanya, orang, terutama wanita, akan takut melakukan perjalanan ke suatu daerah sendirian. Kebanyakan memilih melakukan perjalanan bersama teman, keluarga, atau tur kelompok. Padahal, melakukan perjalanan sendiri memiliki pengalaman yang tidak kalah seru. 

Dua solo traveler asal Indonesia, Fe Angka dan Rani Aulia, membagikan pengalamannya berkeliling dunia sendirian. Mereka berdua memiliki cara masing-masing dalam melakukan perjalanan, termasuk mengatur anggaran.

Simak tips untuk melakukan solo travel dari kanal YouTube Helmy Yahya Bicara:

1. Riset

Melakukan riset adalah hal yang penting dalam melakukan sesuatu, termasuk perjalanan. Tiap negara memiliki budayanya masing-masing. Sebagai pelancong, Anda perlu mencari tahu dulu mengenai daerah yang akan disinggahi. Ada beberapa budaya di negara lain yang berkebalikan dari negara asal Anda. 

Saat ini, segala informasi sangat mudah diakses melalui internet. Fe Angka menceritakan betapa sulitnya dulu melakukan riset sebelum dunia bergantung dengan internet. Dia melakukan riset dengan membaca buku panduan atau brosur yang ada di biro perjalanan.

2. Berani

Hal penting lainnya adalah berani. Memiliki mental dan sikap berani saat perjalanan sangat membantu Anda. Banyak negara-negara yang mungkin aksesnya sulit, daerahnya penuh tantangan, atau lainnya yang membutuhkan keberanian. Sekadar bertanya sesuatu pada warga lokal juga membutuhkan keberanian.

4. Berpikir positif

Berpikir positif dapat membuat perjalanan Anda terasa lebih menyenangkan karena lebih menikmatinya. Jika pergi ke suatu tempat dan tidak sesuai dengan ekspektasi, Anda bisa menikmatinya bagaimanapun itu dengan berpikir positif. Namun, Anda juga tidak boleh terlena dengan pikiran positif tersebut dan tetap harus berhati-hati saat perjalanan.

5. Berhati-hati

Karena sendirian dalam melakukan perjalanan, Anda tentunya harus ekstra hati-hati. Kedua traveler ini bercerita pernah dicopet saat berada di suatu negara, seperti Prancis. Tidak hanya itu, Rani Aulia juga bercerita pernah mendapatkan pengalaman buruk karena mengikuti orang asing.

6. Percaya diri

Jika memiliki keberanian dan kebenaran, Anda juga perlu mengasah kepercayaan diri. Percaya diri dalam memutuskan suatu hal atau percaya diri berkomunikasi dengan warga lokal. Fe Angka dan Rani Aulia berkata bahwa mereka tidak masalah dengan keterbatasan bahasa di suatu daerah. Percaya diri saja berkomunikasi dengan mereka dengan bahasa tubuh atau teknologi, pasti komunikasi akan terbentuk.

7. Buat anggaran yang cocok

Anggaran dibuat sesuai dengan diri masing-masing pelancong. Jika ingin menghemat di penginapan, Anda bisa mencari di internet penginapan murah. Rani Aulia mengatakan dia sering menginap di dormitory, guest house, atau menggunakan jasa CouchSurfing yang lebih murah. Fe Angka juga mengatakan hostel adalah pilihan yang tepat untuk menghemat karena jauh lebih murah dari hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro