Ilustrasi retinol vs retinal
Health

Kenali Bedanya Retinal dan Retinol, Lebih Baik Mana?

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 30 Juni 2023 - 09:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang gemar dan rutin memakai skincare pasti sudah tidak asing lagi dengan keajaiban dari retinol.

Kandungan yang satu ini dipercaya bisa mencegah penuaan dini hingga mencerahkan kulit.

Tapi, belakangan juga muncul lagi kandungan baru retinal yang diklaim lebih ampuh dibandingkan dengan retinol.

Lantas apa bedanya retinol retinal itu sendiri?

Retinol adalah turunan dari vitamin A yang merangsang metabolisme sel-sel kulit dan mendorong produksi kolagen.1 Singkatnya, ini adalah penghilang kerutan yang kuat, dan dapat membuat kulit Anda lebih cerah, kenyal, dan lebih indah dari sebelumnya.

Nah, manfaat retinal kurang lebih sama dengan retinol, tapi retinal bekerja lebih cepat dibandingkan retinol.

Dilansir dari New York Post, retinal, retinol, dan asam retinoat adalah semua bentuk retinoid yang mencakup semua senyawa yang berasal dari vitamin A.

Keduanya dipakai untuk "meningkatkan pergantian sel, meningkatkan produksi kolagen dan [meningkatkan] kesehatan kulit secara keseluruhan.

Retinol baik untuk memperbaiki kerutan kecil, menyembuhkan kerusakan akibat sinar matahari dan meratakan warna kulit, menurut Bunick.

Mereka tersedia dalam serum dan krim yang dijual bebas.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Medik8 menemukan bahwa retinal dapat bekerja hingga 11 kali lebih cepat daripada retinol tradisional.

Ini cocok untuk jenis kulit dewasa yang ingin melihat peningkatan signifikan pada garis halus dan kerutan secepat mungkin. Tentu saja, mengambil pendekatan yang lebih agresif untuk peremajaan kulit tidak cocok untuk semua orang, jadi mereka yang memiliki kulit lebih muda atau kulit yang lebih sensitif mungkin ingin tetap menggunakan retinol untuk saat ini.

Apa itu Retinal?

Retinal memiliki keunggulan karena lebih kuat dan efektif daripada retinol, membutuhkan lebih sedikit konversi di kulit.

Dengan kata lain, retinal lebih kuat dari retinol. Dan sebagai hasilnya, ini bekerja sedikit lebih cepat.

Retinal lebih jarang ditemukan pada produk perawatan kulit jika dibandingkan dengan retinol. Beberapa retinal memerlukan resep, tetapi yang lain tersedia tanpa resep, juga banyak digunakan.

Salah satu brand beauty lokal yang menggunakan Retinal adalah BIOAQUA.

Marsha Karta, Brand Manager BIOAQUA mengatakan retinal memiliki fungsi yang lebih cepat daripada retinol, itulah alasan perusahaan beralih dari skin care dengan kandungan retinol ke retinal.

"Kami merilis 6x Gentle-A Retinal Series karena manfaatnya lebih cepat bekerja, dan juga sekaligus mendengarkan permintaan dari pengguna setia kami," ujarnya.

Adapun 6x Gentle-A Retinal Series terdiri dari cleanser, toner, serum, cream, dan sheetmask.

Selain 6x Gentle-A Retinal Series, BioAqua juga memiliki 3 paket skincare lainnya yakni 7x Ceramide series, 24K Gold Series, dan kini 377 Symwhite Series.

Menurut Marsha, mereka juga new packaging dan formulasi seperti contohnya SymWhite yang BIOAQUA gunakan berasal dari Jerman," ujar Marsha Karta selaku Brand Manager.

BIOAQUA juga memperkenalkan ambassador baru ‘The Boys’ yang dianggotakan oleh Verrel Bramasta, Matthew Gilbert, dan Vincentius Jordan. Sebelumnya, mereka telah memiliki Natasha Wilona sebagai brand ambassador pertama BIOAQUA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro