Ilustrasi singkong
Health

Beragam Manfaat Singkong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 6 Juli 2023 - 11:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Singkong merupakan sayuran akar tropis yang dalam sektor pertanian di seluruh dunia. Namun, tahukah Anda bahwa singkong memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda?

Singkong bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut hingga membantu mencegah penyakit serius seperti kanker. Adapun manfaat lain yang dapat Anda rasakan dengan mengonsumsi daun atau tepung singkong.

Dilansir Stylecraze, berikut adalah manfaat singkong bagi tubuh Anda:

1. Menghaluskan dan mencerahkan kulit

Kulit singkong ternyata dapat digunakan sebagai eksfoliator kulit. Anda menggunakan kulitnya untuk dijadikan sebagai scrub. Untuk mengaplikasikannya, cukup dengan menggosok wajah Anda selama beberapa menit dan bilas dengan air dingin. Anda dapat melakukannya selama tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang baik.

2. Masker wajah yang bagus

Bagi Anda yang suka menggunakan masker wajah, mungkin Anda dapat mempertimbangkan penggunaan singkong. Anda dapat memulainya dengan mencuci wajah dengan air hangat karena dapat membantu dalam membuka pori-pori.

Masker singkong mudah menyerap dan bagus untuk memperbaiki kondisi kulit Anda. Setelah mencuci wajah Anda, tunggu sampai benar-benar kering. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air dingin agar pori-pori Anda tertutup. Cobalah untuk melakukannya tiga minggu sekali karena dapat mencegah dan menghilangkan bekas luka dan memberikan cahaya yang sehat.

3. Menghidrasi kulit

Singkong juga dapat menghidrasi warna kulit Anda sehingga membuat kulit Anda akan tampak halus dan lembut. Untuk hal ini, Anda harus menyiapkan masker, kemudian ambil akar tanaman singkong dengan sedikit madu atau minyak zaitun. Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan buah.

4. Menghilangkan bekas luka dan flek

Cukup dengan mengoleskan air pati singkong ke area terkena dapat membantu Anda dalam menyembuhkan bekas luka.

5. Membantu rambut Anda tumbuh dengan cepat

Banyak dari Anda yang mungkin sudah lelah dengan kondisi rambut Anda, mungkin sudah saatnya untuk memanfaatkan singkong. Akar dan daun singkong dapat digunakan untuk membuat pasta segar yang dapat dioleskan pada rambut yang diminyaki satu jam sebelum Anda membilasnya. Cobalah untuk melakukannya setiap dua kali seminggu untuk mengetahui perubahannya.

6. Mengurangi kerontokan rambut

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kerontokan rambut dan bingung dengan cara apa lagi untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan singkong untuk mengatasinya. Singkong dapat menutrisi rambut Anda dari akar hingga ujungnya, menghidrasi, dan mengontrol kerontokan rambut.

7. Memberikan nutrisi

Tanaman singkong mengandung banyak nutrisi. Jika Anda memiliki masalah pada rambut kering atau rusak, tanaman ini sangat cocok untuk Anda.

8. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang mencari solusi untuk menurunkan berat badan, Anda dapat memakan singkong sebagai konsumsi harian Anda. Singkong mengandung karbohidrat yang sama dengan nasi dan roti dan juga rendah kalori. Tak hanya itu, kandungan serat yang ada pada singkong dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

9. Baik untuk sistem pencernaan

Singkong memiliki jumlah serat makanan yang tinggi sehingga dapat membantu proses penyerapan racun yang masuk ke dalam usus Anda. Oleh karena itu, singkong dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda dan menjaganya tetap lancar.

10. Membantu mengatasi sakit kepala

Mengatasi sakit kepala dengan singkong mungkin merupakan suatu hal yang baru Anda ketahui. Namun, hal ini dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat Anda pilih. Cobalah untuk mengambil 60 gram akar atau daun singkong dan merendamnya dalam air selama beberapa jam. Setelah itu, Anda dapat membuatnya menjadi jus yang dapat diminum dua kali sehari.

11. Mencegah kanker

Singkong dapat membantu mencegah kanker karena adanya kandungan B17 di dalamnya yang dapat membantu merangsang kandungan sel darah merah karena kehilangan sel darah merah dapat menyebabkan kanker.

12. Mengobati diare

Adapun singkong dapat membantu mengatasi diare. Cobalah untuk mengambil beberapa potong singkong dan merebusnya dalam air. Setelah itu, tunggu hingga mencapai suhu ruangan. Untuk merasakan manfaatnya, Anda dapat minum cairan dua kali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro