Ilustrasi singkong
Health

Beragam Manfaat Singkong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 6 Juli 2023 - 11:06
Bagikan

13. Baik untuk mata

Kandungan Vitamin A dan senyawa seperti bakarotennya yang ada pada singkong dapat membantu meningkatkan kesehatan mata Anda dan mencegah kebutaan atau penglihatan yang buruk di kemudian hari.

14. Menyembuhkan demam

Singkong dapat menjadi pilihan untuk menyembuhkan demam. Untuk merasakan manfaatnya, Anda perlu menggunakan batang dan juga daun singkong untuk membuat ramuan. Nantinya Anda perlu merebus akar dan daunnya. Cukup ambil 400 gram daun singkong dan 80 gram batangnya dan rebus dalam satu liter air. Setelah air rebusan berkurang setengah, angkat dan dinginkan.

15. Membantu mengobati rematik

Daun singkong kaya akan magnesium dan bahkan dengan melakukan diet tinggi magnesium dapat menurunkan tingkat tekanan darah yang mengurangi kemungkinan penyakit rematik bagi diri Anda kedepannya. Anda dapat membuat obat rematik sendiri dengan menggunakan 150 gram daun singkong, sedikit serai, garam dan 15 gram jahe. Rebus bahan-bahan tersebut dengan menggunakan satu liter air hingga airnya berkurang menjadi sekitar 400cc. Untuk merasakan manfaatnya, Anda dapat mengonsumsinya di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

16. Membersihkan cacingan

Daun singkong dapat mengurangi infeksi nematoda pada saluran pencernaan. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat membeli suplemen singkong yang dijual di apotek.

17. Menambah nafsu makan

Jika Anda sedang tidak memiliki nafsu makan, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat ramuan daun singkong dengan jahe dan minumlah setiap pagi setelah bangun tidur.

18. Bermanfaat untuk wanita hamil

Wanita hamil membutuhkan banyak vitamin C dan folat. Kandungan tersebut ada pada daun singkong. Dalam satu cangkir singkong mengandung 15 persen dari kebutuhan folat harian Anda dan 47 persen dari kebutuhan kalsium harian. Daun singkong memiliki rasa yang hambar. Untuk itu, Anda dapat menambahkannya dengan daging dan sayuran dalam rebusan.

19. Memperkuat kekebalan tubuh

Vitamin C yang ada pada singkong dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam menyerang inti virus dan bakteri. Adapun folat membantu dalam produksi sel-sel dalam tubuh sehingga membantu dalam membuat materi genetik untuk kehidupan dan mencegah mutasi DNA.

20. Meningkatkan energi dan meningkatkan fungsi otak

Tepung singkong dapat membantu meningkatkan energi karena kandungan karbohidrat di dalamnya. Dengan menambahkan singkong dalam makanan Anda akan membuat otak Anda bekerja lebih baik.

21. Bermanfaat untuk kesehatan saraf

Tepung singkong juga bermanfaat untuk sistem saraf yang seimbang. Bukan hanya sekadar membantu mengatasi stres dan kecemasan, tetapi juga memberikan dukungan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

22. Mempertahankan otot yang sehat

Tepung singkong dapat membantu Anda membangun otot yang kuat dan ramping. Selain itu, kandungan proteinnya bagus untuk kesehatan otot Anda dan menyehatkan jaringan.

23. Menurunkan tekanan darah

Singkong yang mengandung serat yang tinggi dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Dalam satu cup tepung singkong dapat meningkatkan asupan serat Anda sebanyak 4 gram. Jumlah ini secara signifikan berkontribusi terhadap asupan serat ideal yang direkomendasikan untuk wanita.

24. Membuat Anda tidak mudah sakit

Tepung singkong dapat membantu Anda dalam menurunkan kemungkinan terhadap penyakit seperti osteoporosisi. Hal tersebut dikarenakan singkong mengandung mineral penting seperti tembaga dan magnesium yang meningkatkan gaya hidup sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro