Pakaian Adat Jambi Pria dan Wanita Lengkap dengan Aksesorisnya/Instagram.com/amour__photograph
Fashion

Pakaian Adat Jambi Pria dan Wanita Lengkap dengan Aksesorisnya

Nuraini
Jumat, 7 Juli 2023 - 14:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pakaian adat Jambi adalah warisan budaya yang masih dilestarikan hingga saat ini. Biasanya dapat kita temukan di kesenian budaya, upacara adat, dan upacara pernikahan. Berikut ini penjelasan mengenai nama pakaian adat dari Jambi untuk wanita maupun pria.

Nama Pakaian Adat Jambi

Nama pakaian adat Jambi wanita maupun pria adalah baju kurung tanggung. Keduanya dibedakan dari aksesoris yang dikenakan. Berikut ini penjelasannya.

  • Baju Kurung Tanggung untuk Wanita

Pakaian adat Jambi ini dikenakan oleh kaum wanita. Terbuat dari kain beludru merah dengan sulaman benang emas di atasnya. Disebut juga sebagai baju kurung karena panjang lengannya tanggung, yakni di bawah siku tetapi tidak sampai menutup pergelangan tangan. 

Bagian bawahnya berupa rok yang terbuat dari benang sutra berwarna merah. Bunga melati, pucuk rebung, dan bunga tagapo menjadi motif khas dari pakaian adat provinsi Jambi ini. 

Bagian dada wanita ditutupi oleh aksesoris bernama Teratai dada. Dilengkapi pula dengan selendang, ikat pinggang, dan alas kaki selop runcing yang berwarna merah. 

Aksesoris teratai dada sekilas tampak menyatu dengan baju kurung tanggung, tetapi sebenarnya terpisah. Fungsinya untuk mempercantik wanita Jambi dan menyamarkan lekuk tubuh wanita yang memakainya. Warna dasarnya merah dengan manik-manik emas. 

Keunikan pakaian adat Jambi untuk wanita juga terletak pada aksesoris yang berupa telukuk. Telukuk adalah penutup kepala asal Melayu Kerinci yang berfungsi sebagai pelindung kepala dan sebagai simbol status sosial pemakainya. 

Telukuk bisa bermacam-macam, tergantung jenis acaranya. Telukuk yang dipakai untuk acara pernikahan dan pemberian gelar diantaranya kuluk berumbai jatuh, kuluk kipas terlilit, kuluk mahkota, kuluk kerinci mudik, dan masih banyak lagi.

Kalung yang dipakai oleh wanita Jambi terdiri atas 3 jenis, yakni kalung tapak, bertingkat atau jayo, dan rantai sembilan. Cincin yang dipakainya pun ada 2 jenis, yakni pacat kenyang dan cincin kijang atau capung. 

Pakaian Adat Jambi Pria dan Wanita Lengkap dengan Aksesorisnya

Sumber: Instagram.com/ppbbn_kamalanusantara

Saat mengenakan pakaian adat, wanita Jambi selalu dilengkapi dengan gelang dan ikat pinggang. Gelangnya dipakai di pergelangan tangan dan pergelangan kaki. Tak lupa ikat pinggang berwarna emas yang diikatkan di pinggang. Berikut ini gambar pakaian adat Jambi yang dikenakan perempuan. 

  • Baju Kurung Tanggung untuk Pria

Atasan baju kurung tanggung untuk pria mirip dengan pakaian yang dikenakan wanita Jambi, panjang lengannya tanggung dan dibawah siku. Keunikan pakaian adat Jambi untuk pria yakni memiliki panjang lengannya tanggung. Maknanya agar pria Jambi tangkas dan cekatan dalam bekerja dan bisa diandalkan dalam berbagai jenis pekerjaan.

Pakaian ini terbuat dari kain beludru berwarna merah yang dihiasi oleh sulaman benang emas yang bermakna tanah subur dan kaya. Baju ini dikenakan bersama cangge. 

Cangge adalah celana dari baju kurungnya. Warnanya sama persis dengan atasannya. Tidak lupa juga dilengkapi dengan kain songket yang diikat di bagian pinggang supaya nampak mewah. Adapun keris yang diselipkan sebagai pelengkap. 

Selain keris, pakaian ini juga dilengkapi dengan penutup kepala. Lacak adalah penutup kepala pria Jambi yang berwarna merah dengan motif flora. Tidak hanya ada di pakaian wanita, keunikan dari pakaian adat Jambi untuk pria juga mengenakan teratai dada yang fungsinya sebagai kerah karena dikenakan di bagian leher. 

Aksesoris lainnya yang dikenakan bersama pakaian adat ini yaitu dua gelang yang dikenakan di kedua pergelangan tangan. Pria yang mengenakan pakaian adat provinsi Jambi yang satu ini juga memakai selempang yang disilangkan di bagian dada. Adapun selendang yang dikenakan di bagian pinggul pria. Berikut gambar pakaian adat Jambi yang dikenakan kaum pria. 

Pakaian Adat Jambi Pria dan Wanita Lengkap dengan Aksesorisnya

Sumber: Pinterest

Demikian pembahasan mengenai nama pakaian adat dari Jambi. Anak-anak juga mengenakan pakaian yang sama seperti orang dewasa, hanya saja warnanya lebih cerah dan berwarna-warni. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro