Ilustrasi sikat gigi
Health

Ini Waktu yang Tepat untuk Sikat Gigi

Salma Permata Dewi
Senin, 24 Juli 2023 - 16:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menyikat gigi adalah kegiatan yang harus dilakukan tiap harinya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Rutin menyikat gigi bukan berarti harus menyikat sebanyak-banyaknya tiap hari.

Menyikat gigi memastikan bahwa gula, makanan, dan kotoran lainnya tidak menempel di gigi dan memanggil bakteri.

Terlalu lama tidak menyikat gigi dapat menyebabkan masalah mulut dan gigi, seperti gigi berlubang. Selain rajin dan rutin menyikat gigi, cara menyikat juga penting dalam aktivitas ini.

Ada waktu-waktu terbaik untuk menyikat gigi. Dilansir dari Rifkin Dental, menurut American Dental Association, waktu terbaik untuk menyikat gigi adalah dua kali sehari di pagi dan sore hari.

Menyikat gigi tepat ketika bangun di pagi hari adalah waktu terbaik untuk menyikat gigi. Bakteri yang menumpuk di gigi semalaman saat sedang tidur bisa dibersihkan dengan menyikat gigi.

Kemudian, menyikat gigi tepat sebelum tidur juga waktu yang terbaik. Selain adanya bakteri yang menumpuk seharian, ini juga bisa mengurangi bahkan menghindari bakteri tumbuh dan berkembang saat tidur.

Untuk kebersihan gigi dan mulut yang maksimal, Anda perlu menghindari makanan atau minuman apa pun, kecuali air, setelah menyikat gigi.

Namun, beberapa orang percaya bahwa menyikat gigi tepat setelah makan, termasuk setelah sarapan, adalah waktu yang terbaik.

Padahal, dilansir dari Healthline, menyikat segera setelah sarapan pagi sebenarnya dapat menutupi gigi dengan sisa-sisa makanan asam yang melemahkan enamel gigi.

Adapun beberapa makanan yang memperburuk enamel gigi, yakni jus jeruk, buah jeruk, buah kering, roti, kue kering.

Dilansir dari Fortune, menyikat gigi setelah sarapan itu diperbolehkan, tetapi perlu memperhatikan waktunya. American Dental Association merekomendasikan untuk menunggu satu jam setelah sarapan untuk menyikat gigi.

Minum air putih atau kunyah permen karet bebas gula setelah makan untuk membersihkan gigi sebelum menyikatnya.

Sementara itu, Dr. Jossen Gastelum, dokter gigi, lebih percaya bahwa menyikat gigi sebelum sarapan atau setelah bangun tidur adalah waktu yang tepat.

Dia mengatakan bahwa menyikat gigi sebelum sarapan membantu menambah lapisan pelindung pada gigi dan bahkan dapat membantu merangsang air liur sebelum sarapan.

“Saat tidur, aliran air liur berkurang dan banyak orang mengalami mulut kering karena berbagai alasan. Air liur membantu menahan keasaman di mulut Anda. Artinya, gigi lebih rentan terhadap serangan asam di pagi hari tepat saat Anda bangun. Belum lagi bau mulut di pagi hari,” katanya.

Selain waktu, cara menyikat gigi juga harus diperhatikan. Biasanya, dokter gigi akan merekomendasikan pasien menggunakan sikat gigi yang lembut atau ekstra lembut.

Orang dewasa harus menggunakan pasta gigi seukuran kacang polong dan memegang sikat gigi pada sudut 45 derajat ke arah gusi sambil menyikat bolak-balik dengan gerakan pendek untuk menjangkau setiap gigi. Menyikat secara agresif dapat menyebabkan resesi gusi dan keausan enamel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro