Kaldu tulang atau bone broth makanan yang bikin awet muda
Kuliner

5 Manfaat Mengonsumsi Kaldu Tulang

Kresensia Kinanti
Selasa, 1 Agustus 2023 - 17:48
Bagikan

4. Dapat mendukung kesehatan tulang

Nutrisi dalam kaldu tulang mendukung kesehatan tulang dan sendi. Kaldu tulang kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor, yang berkontribusi pada kekuatan tulang.

Proses memasak kaldu yang lambat dapat membantu melepaskan nutrisi dan senyawa tambahan, seperti glukosamin dan kondroitin, yang juga dikenal untuk mendukung kesehatan sendi. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi kaldu tulang berlebihan

Di balik berbagai manfaat kaldu tulang, sebaiknya jangan mengonsumsi kaldu tulang berlebihan. Mengonsumsi kaldu tulang berlebihan dapat berdampak buruk bagi tubuh, seperti:

- Kontaminasi logam berat

Karena tulang juga mengandung beberapa mineral yang tidak kita inginkan, kaldu tulang juga dapat menjadi sumber timbal dan kadmium. Timbal dan kadmium adalah logam berat berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Meskipun sebagian besar kadarnya rendah dalam kaldu tulang, mengonsumsi kaldu tulang dalam jumlah besar dapat meningkatkan asupan logam berat yang berpotensi berbahaya ini. 

- Intoleransi histamin

Intoleransi histamin terjadi ketika tubuh seseorang tidak dapat memetabolisme histamin dari makanan, yang mengakibatkan respons alergi seperti hidung tersumbat atau mata gatal. 

- Kandungan natrium yang tinggi

Kaldu tulang instan atau yang dijual di pasaran biasanya mengandung natrium yang lebih tinggi. Lebih baik membuat sendiri kaldu tulang agar dapat mengontrol jumlah garam yang ditambahkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro