Ilustrasi liburan/pixabay
Travel

Tips Frugal Travel, Liburan Tanpa Menguras Dompet

Mutiara Nabila
Selasa, 1 Agustus 2023 - 16:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tren “frugal living” mulai muncul sejak Juni 2023, mengindikasikan tingginya ketertarikan masyarakat terhadap gaya hidup yang efisien dalam soal keuangan.

Prinsip hidup frugal berpusat keputusan finansial di masa kini yang bijak agar berdampak pada masa depan.

Rupanya, baru-baru ini konsep frugal living juga mulai diterapkan pada saat traveling, yaitu dengan frugal travel.

Dalam frugal living, Anda menentukan tujuan keuangan jangka panjang yang ingin dicapai. Anda juga belajar membedakan antara prioritas/kebutuhan dengan sekadar keinginan.

Kemudian, Anda melakukan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan sesuai bujet yang dimiliki, misalnya membagi pendapatan Anda menjadi beberapa porsi, memasak makanan, mengurangi jajan, mencari diskon sebelum membeli produk, serta menggunakan transportasi umum ketika dibutuhkan.

Menerapkan frugal living membuat Anda memiliki bujet untuk melakukan hal yang dianggap penting. Bagi pencinta traveling, mimpi Anda untuk pergi ke tempat wisata impian bisa segera terealisasi.

Menurut riset Pegipegi Travel Report 2022, sebanyak 36% responden mengatakan mereka mengalokasikan bujet liburan sekitar 1–3 juta.

Artinya, sebagian besar masyarakat sudah mulai merencanakan liburan walau bujetnya minim. Nah, agar tetap sesuai bujet, Anda dapat mencoba menerapkan konsep frugal pada saat traveling, yaitu frugal travel. 

Berikut beberapa tips dan cara melakukan frugal travel yang bisa Anda praktikkan.

1. Punya Prinsip Perjalanan Bermakna daripada Mewah

Tahap pertama untuk menjadi frugal traveler adalah meyakini bahwa traveling tidak harus mahal, apalagi mewah.

Percayalah, Anda akan merasa lebih puas ketika memprioritaskan liburan yang bermakna. Misalnya, mempelajari tradisi dan budaya suatu daerah, mencoba kuliner khas yang menjadi favorit penduduk lokal, serta mendatangi objek wisata atau hidden gem yang indah. Seru, ‘kan?

2. Lakukan Riset dan Buat Perencanaan

Hal yang tidak boleh terlewat adalah melakukan riset dan membuat perencanaan terkait destinasi yang ingin dituju. Tahap ini penting agar Anda tetap berpedoman pada anggaran yang dimiliki selama liburan.

Anda dapat mengumpulkan informasi alternatif akomodasi dan transportasi yang terjangkau, objek wisata, kuliner, termasuk juga diskon/promo yang berlaku –bisa juga bertanya ke orang lokal yang Anda kenal.

Jangan lupa untuk merencanakan liburan dari jauh-jauh hari agar Anda bisa mendapatkan harga termurah. Rekomendasi Pegipegi adalah memesan tiket pesawat minimal 5 hari sebelum berangkat untuk bisa menghemat hingga 25%. Ingat, pilih juga waktu liburan yang tepat, yaitu saat low season.

3. Pilih Akomodasi dan Transportasi Terjangkau

Untuk akomodasi, kamu dapat mencari penginapan seperti villa, hotel budget, guest house, ataupun hostel.

Sedangkan untuk transportasi, kamu dapat memanfaatkan transportasi umum atau menyewa motor jika dibutuhkan. Ingat! Agar semakin murah, cari tahu promo yang sedang berlaku, ya.

Frugal travel dipercaya sebagai solusi liburan hemat. Dengan frugal travel, Anda diberikan kesempatan untuk menghargai keragaman dunia dengan memaksimalkan apa yang dimiliki. Kabar baiknya, menghemat beberapa rupiah artinya Anda bisa menjelajah ke lebih banyak tempat lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro