Buah Naga/Drgrub
Health

Beragam Khasiat Buah Naga, Termasuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 10 Agustus 2023 - 15:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buah naga adalah makanan yang tumbuh di kaktus panjat yang disebut hylocereus, yang akan Anda temukan di daerah tropis di seluruh dunia. Nama tumbuhan itu berasal dari kata Yunani "hyle", yang berarti "kayu", dan kata Latin "cereus", yang berarti "waxen".

Di luar, buahnya tampak seperti umbi merah muda atau kuning dengan daun hijau seperti paku yang menyembur seperti api di sekitarnya. Potong terbuka, dan Anda akan menemukan benda putih berdaging di dalamnya berbintik-bintik dengan biji hitam yang boleh dimakan.

Buah ini hadir dalam varietas berkulit merah dan kuning. Kaktus awalnya tumbuh di Meksiko selatan dan Amerika Selatan dan Tengah. Prancis membawanya ke Asia Tenggara pada awal abad ke-19.

Orang Amerika Tengah menyebutnya "pitaya". Di Asia, itu adalah "pir stroberi." Hari ini, Anda dapat membeli buah naga di seluruh AS.

Buah naga berair dengan rasa sedikit manis yang digambarkan oleh beberapa orang sebagai persilangan antara kiwi, pir, dan semangka. Bijinya memiliki rasa pedas.

Buah naga memiliki banyak manfaat kesehatan potensial, termasuk:

1. Kaya akan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betasianin. Zat alami ini melindungi sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas - molekul yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penuaan dini.

2. Secara alami bebas lemak dan tinggi serat. Itu membuat camilan yang enak karena dapat membantu Anda kenyang lebih lama di antara waktu makan.

3. Dapat membantu menurunkan gula darah Anda. Para peneliti mengatakan ini mungkin sebagian karena menggantikan sel-sel yang rusak di pankreas Anda yang membuat insulin, hormon yang membantu tubuh Anda memecah gula. Tapi penelitian dilakukan pada tikus, bukan manusia. Tidak jelas berapa banyak buah naga yang harus Anda makan untuk mendapatkan manfaat ini.

4. Mengandung prebiotik, yaitu makanan yang memberi makan bakteri sehat yang disebut probiotik di usus Anda. Memiliki lebih banyak prebiotik dalam sistem Anda dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus Anda. Secara khusus, buah naga mendorong pertumbuhan probiotik lactobacilli dan bifidobacteria. Di usus Anda, ini dan bakteri bermanfaat lainnya dapat membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Mereka juga membantu mencerna makanan.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Buah naga kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya, yang baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Meningkatkan kadar zat besi Anda. Zat besi penting untuk menggerakkan oksigen ke seluruh tubuh Anda dan memberi Anda energi, dan buah naga mengandung zat besi. Dan vitamin C dalam buah naga membantu tubuh Anda menyerap dan menggunakan zat besi.

Risiko Kesehatan Buah Naga

Buah naga umumnya aman dikonsumsi, meskipun penelitian telah melaporkan reaksi alergi yang terisolasi. Gejalanya meliputi pembengkakan lidah, gatal-gatal, dan muntah. Jenis reaksi ini tampaknya sangat jarang.

Jika Anda makan cukup buah naga merah, kencing Anda mungkin berubah menjadi merah muda atau merah. Gejala ini terlihat lebih mengkhawatirkan daripada yang sebenarnya. Hal yang sama bisa terjadi jika Anda makan banyak bit. Kencing Anda akan kembali ke warna normalnya setelah buah keluar dari sistem Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro