12 Cara Meredakan Nyeri Haid Tanpa Obat - Pixabay
Health

Ini 12 Cara Meredakan Nyeri Haid yang Aman dan Tanpa Obat

Nuraini
Selasa, 17 Januari 2023 - 19:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cara meredakan nyeri haid perlu diketahui para perempuan. Pasalnya, wanita haid kerap kali merasa nyeri di bagian perut bagian bawah. Bagi sebagian orang, nyeri haid masih terasa ringan dan tidak mengganggu. 

Namun, ada juga yang merasa sakit perut saat haid sudah sangat mengganggu aktivitas dan tidak tertahankan sehingga perlu upaya untuk mengatasi rasa sakitnya. Berikut ini penjelasan seputar cara menghilangkan sakit perut saat haid yang perlu diketahui.. 

Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Alami

Nyeri haid tidak selalu harus diatasi dengan obat-obatan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa cara meredakan nyeri haid hari pertama. 

1. Memijat perut dengan minyak esensial

Cara meredakan nyeri haid dengan pijatan perlu dilakukan dengan minyak esensial. Adapun jenis-jenis minyak esensial yang bisa digunakan antara lain minyak lavender, kayu manis, mawar, cengkeh, dan lainnya. 

2. Mengompres perut dengan air hangat

Cara meredakan nyeri haid dengan cepat bisa menggunakan kompres air hangat. Mengompres perut dengan air hangat dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan ketegangan otot rahim sehingga nyeri haid dapat berkurang. 

Kompres dapat dibuat dengan menggunakan alat kompres, bantalan pemanas listrik, dan botol air panas yang dilapisi dengan kain. 

3. Melakukan olahraga ringan

Kebanyakan orang akan memilih berdiam diri atau tidur di kamar saat sedang haid. Namun ternyata, cara meredakan nyeri perut saat haid bisa diatasi dengan berolahraga ringan. Ketika berolahraga, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang berperan sebagai penghilang rasa sakit sehingga nyeri haid dapat berkurang. 

4. Menghindari makanan tidak sehat

Nyeri haid menjadi semakin parah apabila mengkonsumsi makanan dengan kadar gula, garam, dan lemak yang tinggi karena perut menjadi kembung. Salah satu cara mengurangi nyeri haid juga bisa dengan mengkonsumsi jahe dan lemon karena dapat memberikan efek menenangkan pada perut. 

5. Mengonsumsi teh herbal

Teh herbal juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan nyeri haid. Teh sudah biasa dikonsumsi ketika seseorang sedang tidak enak badan. Khusus untuk wanita, mengonsumsi teh juga bisa menjadi salah satu cara agar meredakan nyeri haid hari. 

Jenis teh herbal seperti teh chamomile dan teh jahe memiliki kandungan yang dapat meredakan peradangan dan kekakuan otot rahim sehingga baik untuk wanita haid.

6. Mengonsumsi vitamin D

Cara mengatasi sakit perut saat haid juga bisa dengan mengkonsumsi vitamin D. Jenis vitamin ini  dapat mengurangi produksi prostaglandin yang menjadi penyebab rasa sakit saat haid. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin D antara lain keju, jamur, susu kedelai, kuning telur ayam, dan ikan sarden.

7. Memenuhi cairan tubuh

Minum air putih juga dapat menjadi salah satu cara meredakan nyeri saat haid. Nyeri haid dapat diakibatkan oleh kurangnya cairan tubuh. Air putih yang diminum dalam jumlah banyak dapat membantu mengurangi kembung dan sakit perut saat haid. 

Selain itu, makan buah yang mengandung banyak air seperti semangka, daun selada, timun, dan beri-berian juga bisa meredakan sakit perut saat haid.

8. Mengendalikan stress

Cara meredakan nyeri perut saat haid bisa dengan cara mengendalikan stress. Kondisi stress dapat memperparah nyeri haid. Jadi, sebaiknya cari dan lakukan kegiatan yang dapat memperbaiki suasana hati seperti meditasi, menonton film, berbelanja, dan membaca buku.

9. Mengonsumsi kunyit

Cara mengatasi nyeri haid berikutnya yakni dengan mengkonsumsi kunyit. Rempah-rempah ini mengandung kurkumin yang mampu menghambat produksi prostaglandin berlebihan dalam rahim sehingga sakit berupa kram perut dapat teratasi.

10. Mengkonsumsi pisang

Kandungan pisang berupa vitamin, mineral, air, dan kalium sangat bermanfaat untuk mengurangi kram saat haid. 

11. Mengurangi kafein

Cara alami meredakan nyeri haid juga dengan mengurangi kafein. Kandungan kafein dalam kopi dan teh dapat memperparah kram perut. Maka dari itu, sebaiknya kurangi konsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kafein saat dengan haid. 

12. Mandi air hangat

Cara menghilangkan sakit perut saat haid yaitu dengan mandi air hangat. Air hangat dapat mengendurkan otot perut dan meningkatkan aliran darah. Mandi dengan air hangat dapat membantu mengurangi nyeri perut dan kram saat haid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro