Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Fashion

Deretan Baju Adat Presiden Jokowi di Pidato Kenegaraan, dari Belitung hingga Tanimbar

Taufan Bara Mukti
Rabu, 16 Agustus 2023 - 13:08
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) muncul dengan pakaian adat Tanimbar, Maluku, pada pidato kenegaraan tahun 2023.

Presiden Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan tentang Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Gedung Nusantara, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Presiden ketujuh RI itu menyampaikan banyak hal dalam Sidang Tahunan MPR, di hadapan para pejabat tinggi negara, parlemen, ketua umum partai politik, dan tamu negara sahabat.

Selain pidato Jokowi yang jadi perhatian, pakaian adat yang dikenakan Kepala Negara itu juga turut menjadi buah bibir.

Pada pidato kenegaraan 2023, Presiden Jokowi memilih pakaian adat dari Tanimbar, Maluku, untuk ia kenakan di atas mimbar.

Pidato kenegaraan pada era Jokowi memang identik dengan baju-pakaian adat yang berbeda-beda dari seluruh penjuru Indonesia.

Tradisi ini sudah dimulai sejak enam tahun yang lalu, tepatnya pada 2017, atau tiga tahun sejak Jokowi terpilih sebagai Presiden RI.

Hanya tiga kali Jokowi absen tak memakai pakaian adat di pidato kenegaraan menyambut HUT RI setiap tanggal 16 Agustus, yakni pada 2015, 2016, dan 2018.

Berikut daftar pakaian adat yang dikenakan Presiden Jokowi di pidato kenegaraan:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro