Pisang/boldsky.com
Health

10 Buah yang Baik Dikonsumsi saat Perut Kosong

Redaksi
Selasa, 22 Agustus 2023 - 12:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Buah-buahan adalah makanan yang baik untuk tubuh karena kaya akan vitamin dan mineral serta nutrisi penting lainnya.

Pada dasarnya, buah dapat dikonsumsi kapan saja untuk mendapatkan manfaat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Namun, mengutip laman Pharm Easy, Selasa (22/8/2023), penelitian menunjukkan bahwa karena kandungan fruktosa yang tinggi, waktu terbaik untuk mengonsumsi buah-buahan adalah di pagi hari setelah tubuh beristirahat sepanjang malam.

Ahli gizi juga merekomendasikan mengonsumsi buah-buahan ketika perut kosong untuk mendapatkan kandungan mineral, vitamin, dan senyawa bermanfaat lainnya untuk membantu detoksifikasi tubuh.

Selain itu, para ahli juga menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya satu buah dalam sehari.

Berikut adalah beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi saat perut kosong.

1. Pisang

Karena kaya akan kalium dan serat, pisang mudah dicerna dan dapat memberikan energi yang baik untuk tubuh.

2. Semangka

Dengan kandungan air yang tinggi, semangka dapat menghidrasi dan melengkapi kebutuhan cairan pada tubuh saat perut kosong. Semangka juga mengandung likopen yang baik untuk kesehatan jantung dan mata.

3. Pepaya

Mengonsumsi pepaya saat perut kosong dapat bermanfaat bagi kesehatan. Pepaya mengandung serat yang tinggi, rendah kalori, dan telah terbukti membantu menurunkan berat badan serta menurunkan kolesterol.

Vitamin A dan C yang terkandung dalam pepaya dapat meningkatkan kesehatan kulit dan kekebatan tubuh. Buah ini juga bermanfaat untuk meredakan masalah pencernaan.

4. Kiwi

Buah kiwi dapat mendetoksifikasi sistem tubuh dan serat dalam buah ini mengandung banyak mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Perut yang kosong akan memungkinkan untuk menyerap sepenuhnya vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah ini.

5. Apel

Kaya akan serat dan antioksidan, apel dapat membantu pencernaan, mengatur gula darah, dan meningkatkan kesehatan jantung.

6. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C dan serat yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menjaga pencernaan.

7. Buah beri

Buah beri adalah buah yang sehat untuk dimakan sebagai makanan pertama di pagi hari. Buah ini dapat mengatur metabolisme, tekanan darah, dan bahkan meningkatkan daya ingat ketika dimakan saat perut kosong.

Kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat, buah beri juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi kognitif.

8. Nanas

Enzim seperti bromelain yang terkandung dalam buah nanas dapat membantu pencernaan dan kandungan vitamin C di dalamnya dapat mendukung kekebalan tubuh serta kesehatan kulit.

9. Anggur

Gula alami dalam anggur menyediakan sumber energi dan antioksidan yang berkontribusi pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

10. Pir

Buah piir yang kaya akan serat dapat membantu pencernaan, sementara vitamin dan mineral di dalamnya dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan hidrasi. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro