Diet keto/
Health

Simak 7 Tips Diet Menurunkan Berat Badan yang Aman

Redaksi
Kamis, 24 Agustus 2023 - 20:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apakah kamu pernah menjalani diet? Untuk sebagian orang diet bisa menjadi pengalaman yang menantang dengan tujuan menurunkan berat badan atau hanya sekedar mempertahankan berat badan yang ideal.

Dilansir dari Mirror.com (24/8/2023), ada banyak pola makan yang menarik untuk diet, tetapi hal tersebut belum diteliti secara detail oleh pakar kesehatan. Para ahli di National Health Service (NHS) membagikan tips menurunkan berat badan yang cepat dan aman seperti banyak minum air putih.

Simak 7 tips diet yang aman bagi kesehatan:

1. Minumlah lebih banyak air dan kurangi alkohol

Minum lebih banyak air sepanjang hari dapat membantu anda berhenti mengonsumsi kalori ekstra. Kurangi konsumsi alkohol. Alkohol mengandung lebih banyak kalori. Dua gelas anggur menambah kalori yang sama dengan burger dan kamu perlu berlari selama setengah jam untuk membakarnya.


2. Makanlah makanan berserat tinggi ini

Perbanyak makanan berserat tinggi, karena makanan tersebut membantu kami tetap merasa kenyang. Makanan berserat tinggi dapat kamu temukan dalam buah dan sayuran, roti gandum, pasta, beras merah, buncis, kacang polong, lentil, dan oatmeal.


3. Jangan ekstrim berhenti mengonsumsi makanan yang disukai

Beberapa pakar diet menyarankan untuk melarang makanan tertentu, tetapi para ahli memperingatkan hal ini. Situs web NHS Choices mengatakan: “Jangan memberhenti makanan demi menurunkan berat badan, terutama yang kamu suka.”

Orang yang sedang diet, bisa mengonsumsi makanan yang disukai, tetapi dalam porsi yang terbatas. Ini bertujuan untuk menjaga mood tetap baik saat diet. 

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran tidak hanya rendah kalori dan lemak, tetapi juga tinggi serat. Kamu dapat mencoba menambahkan pisang cincang atau segenggam buah beri ke dalam sereal atau yogurt, menambahkan jamur atau tomat panggang atau goreng dengan telur, atau menikmati smoothie buah 100% tanpa pemanis.

Untuk makan siang, kamu bisa menambahkan selada, tomat, atau mentimun ke dalam sandwich, dan menyantap mentimun, merica, atau wortel dengan saus atau buah sebagai camilan. Untuk teh, kamu bisa mencoba menambahkan salad, kacang polong, wortel, brokoli, atau jagung rebus sebagai teman minum teh.

5. Makan teratur dan berhenti mengemil

Para ahli kesehatan mengatakan makan pada waktu yang teratur sebenarnya membantu kamu membakar kalori lebih cepat. Hal ini juga membuat kamu cenderung tidak ngemil. Kamu juga bisa mencoba merencanakan makanan kamu selama seminggu atau membuat daftar belanjaan mingguan, sehingga kamu tidak tergoda atau terpaksa membeli camilan atau makanan yang tidak sehat.

6. Temukan cara sederhana untuk melakukan lebih banyak olahraga

Menjadi aktif adalah kunci untuk menurunkan berat badan dan tidak menaikkannya kembali, membakar kalori yang tidak dapat kamu hilangkan hanya melalui pola makan. Cobalah untuk menetapkan waktu dalam seminggu untuk berolahraga. 

7. Belajar membaca label makanan

Sebagian besar produk kini memiliki label makanan yang menunjukkan berapa banyak kalori, lemak, dan bahan lain yang dikandungnya. Mengurangi makanan berkalori tinggi dan produk tidak sehat lainnya dapat sangat membantu kamu menurunkan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro