Ilustrasi perempuan memainkan gadget karena insomnia/Freepik.com
Health

Ini Tips Menghentikan Kebiasaan Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Redaksi
Senin, 28 Agustus 2023 - 17:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Smartphone merupakan perangkat yang dimiliki oleh hampir semua orang. Bahkan, sebagian orang mungkin tidak bisa hidup tanpa ponsel.

Anda mungkin menggunakan ponsel lebih dari tiga jam dalam sehari. Saat ini, semakin sulit untuk berjauhan dengan ponsel karena hampir semua kegiatan berada di balik layar kecil tersebut. Saat makan hingga sebelum tidur pun sebagian besar orang masih bermain ponsel.

Menggunakan ponsel sebelum tidur hingga larut malam memiliki dampak buruk yang cukup banyak, seperti gangguan penglihatan dan gangguan tidur. Oleh karena itu, Anda perlu berhenti dalam kebiasan buruk tersebut karena dapat menghasilkan tidur yang lebih baik dan kesejahteraan diri secara umum. Anda dapat secara bertahap meningkatkan kualitas tidur dengan menghentikan kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur.

Jika memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan, Anda harus melakukan perubahan tersebut. Ingatlah bahwa beberapa penyesuaian sederhana dapat berdampak signifikan pada kualitas tidur dan kehidupan sehari-hari.

Tips menghentikan kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur:

1. Tetapkan batasan waktu

Tentukan batasan waktu untuk penggunaan ponsel sebelum tidur. Misalnya, berhenti menggunakan ponsel setidaknya 1 jam sebelum Anda tidur. Ini akan memberi waktu bagi otak Anda untuk merespon sinyal bahwa sudah waktunya bersiap-siap tidur.


2. Buat tempat untuk mengisi daya ponsel di luar kamar

Mengisi daya ponsel di luar kamar tidur bisa membuat Anda mengurangi bahkan berhenti memeriksa ponsel sebelum tidur. Penyesuaian sederhana ini dapat menghentikan bermain ponsel dan mendapatkan cahaya biru dari layar yang mengganggu tingkat melatonin Anda.


3. Lakukan relaksasi

Lakukan aktivitas santai untuk relaksasi dibandingkan menggunakan ponsel. Anda bisa melakukan hal-hal seperti membaca buku fisik, meditasi, atau melakukan peregangan. Selain untuk melepas penat, ini juga bermanfaat untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.


4. Gunakan jam alarm

Bukan alarm ponsel, gunakan alarm dari jam duduk atau jam konvensional lainnya. Ini bermanfaat untuk Anda yang ingin berhenti bermain ponsel sebelum tidur dengan meniadakan kehadiran ponsel di kamar.


5. Buat zona tanpa layar

Jadikan kamar tidur Anda sebagai zona tanpa layar, baik itu ponsel, tablet, laptop, atau televisi. Perangkat-perangkat tersebut berpotensi mengganggu siklus tidur Anda.


6. Pilih aktivitas santai yang kuno

Coba aktivitas menghibur tradisional, seperti menulis jurnal. Kegiatan ini dapat membantu Anda mengalihkan perhatian dari layar dan meningkatkan relaksasi. Saat tidur kemungkinan Anda juga akan lebih nyenyak.


7. Redupkan lampu

Saat hendak tidur, matikan lampu atau redupkan lampu dengan menyalakan lampu tidur saja. Suasana yang tidak terang ini dapat membantu tubuh untuk tidur. Sintesis hormon melatonin akan meningkat dalam ruangan yang minim cahaya.


8. Ingatkan diri mengenai manfaatnya

Renungkanlah manfaat dalam menghindari penggunaan ponsel sebelum tidur. Manfaat-manfaat yang didapatkan sangat banyak, seperti tidur lebih nyenyak, gangguan digital yang lebih sedikit, dan kejernihan mental yang lebih baik. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro