Buah lontar memiliki manfaat bagi kesehatan
Health

Ini Khasiat Buah Lontar Bagi Penderita Diabetes dan Migrain

Novita Sari Simamora
Rabu, 30 Agustus 2023 - 12:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buah lontar yang memiliki nama latin Borassus flabeliffer masuk dalam kelompok palma. Buah ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Sekilas buah tersebut mirip dengana kolang kaling. Buah ini juga mengandung kalsium, serat, kalium, fosfor, vitamin A, B, dan C.

Simak manfaat buah lontar bagi kesehatan:

1. Membantu meringankan masalah kulit

Dilansir dari Health Benefits Times, Rabu (30/8/2023), buah lontar adalah obat yang sangat baik untuk beberapa masalah kulit umum yang timbul selama musim panas, seperti ruam panas dan biang keringat. Mengoleskan daging buah pada area yang terkena akan memberikan efek menenangkan dan meredakan kondisi tersebut.

Buah lontar juga bisa membantu Anda meringankan rasa gatal yang terkait dengan masalah terkait panas ini. Sifat anti inflamasi pada buah ini bermanfaat dalam mengatasi kemerahan pada kulit akibat panas yang menyengat. Tapal yang terbuat dari buah palem terbukti efektif mengobati dermatitis. Ini juga dapat digunakan dengan aman pada bayi.

2. Menjaga kesehatan ginjal dan hati

Lontar mengandung minneral fosfor yang bagi untuk memaksimalkan proses ekskresi pada hati dan ginjal.

3. Mencegah dehidrasi

Lontar memiliki kandungan air hingga 90 persen. Kegunaan buah lontar yakni untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh agar tidak dehidrasi.

4. Baik bagi penderita diabetes

Buah lontar mengandung glikemia yang rendah, sehingga membantu mengendalikan kadar gula darah pada tubuh. Selain itu, akar pohon lontar bila diekstraksi maka membantu mengendalikan gula darah.

5. Mendinginkan Tubuh

Buah lontar mampu menjaga suhu tubuh tetap sejuk selama musim panas. Ini juga membantu mencegah sejumlah masalah terkait panas seperti biang keringat, dehidrasi, kulit kering, gagal ginjal, dan rambut rontok. Tidak hanya menghidrasi tubuh, tetapi juga membantu menggantikan nutrisi dan elektrolit yang hilang akibat keringat berlebih.

6. Membantu Mengurangi Berat Badan

Es lontar adalah buah rendah kalori sehingga bermanfaat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan. Buah ini kaya akan kandungan air yang membantu membuat perut kenyang dalam jangka waktu lama. Ini juga bisa mengurangi intens Anda mengemil agar menjaga berat badan yang sehat.

7. Menyembuhkan Migrain

Migrain adalah sakit kepala yang paling menyakitkan dari semua sakit kepala. Kandungan alami buah lontar pada jaggery palem membantu mengurangi rasa sakit tersebut. Ambil saja 1 sendok teh buah ini dan migrain akan sembuh.

8. Menyehatkan pencernaan

Saat pencernaan kekurangan serat, maka bisa menyebabkan sembelit dan susah buang air besar. Serat merupakan makanan yang sangat penting bagi tubuh.

Saat tubuh kekurangan serat, maka nutrisi dan serapan asupan ke tubuh juga tidak akan maksimal. Serat lontar akan meregenerasi sel-sel yang ada di dalam usus manusia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro