Kepribadian INTP
Health

Ciri Kepribadian INTP, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Redaksi
Rabu, 30 Agustus 2023 - 16:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kepribadian tiap orang berbeda-beda. Walaupun ada beberapa orang yang mirip secara kepribadian, itu tidak akan sama persis. Begitu juga orang berkepribadian INTP memiliki kelebihan dan kekurangan.

Beberapa orang atau komunitas mungkin mengkategorikan kepribadian dalam beberapa tipe, salah satunya adalah MBTI. MBTI adalah kependekan dari "Myers-Briggs Type Indicator." Ini adalah salah satu alat pengukuran kepribadian yang paling terkenal dan digunakan secara luas. Alat ini didasarkan pada teori yang dikembangkan oleh psikolog Carl Jung mengenai tipe kepribadian.

Meskipun MBTI populer dan banyak digunakan, beberapa kritik telah diarahkan pada akurasi ilmiahnya. Beberapa ahli meragukan validitas dan reliabilitasnya dalam mengukur kepribadian. Oleh karena itu, ketika menggunakan alat ini, penting untuk mempertimbangkan bahwa hasilnya mungkin memberikan gambaran umum tentang kepribadian Anda, tetapi tidak harus dianggap sebagai penilaian yang tepat dan pasti tentang siapa Anda.

Pada MBTI, ada empat dimensi yang dikombinasikan menjadi 16 tipe kepribadian berbeda. Misalnya, dilansir dari Hack Spirit, tipe INTP menikmati kebersamaannya dan mereka sering melamun atau kehilangan kesadaran saat tenggelam dalam pikirannya. Mereka digambarkan sebagai introvert, tetapi ketika diberi kesempatan untuk terlibat dalam topik yang mereka sukai, mereka menjadi lebih santai. 

INTP adalah singkatan dari introvert, intuitif, berpikir, dan mempersepsi. Orang dengan tipe INTP memikirkan cara-cara praktis dalam memahami dan melakukan sesuatu dan menghindari pembicaraan emosional karena menjadi rentan adalah sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman. Banyak yang tertarik dengan cara kerja pikiran INTP karena mereka pendiam dan tertutup. 

Ciri-ciri INTP, kelebihan dan kekurangannya:

1. Membutuhkan ruang sendiri

Bagi seorang INTP, menyendiri berarti mendapatkan ruang yang sangat dibutuhkan untuk memulihkan tenaga dan mengumpulkan pikiran. INTP mungkin dianggap pertapa sosial, tetapi mereka mandiri.  Pikiran analitis mendorong INTP untuk terus-menerus memikirkan berbagai hal dan orang sehingga membuatnya kewalahan. Setelah mencapai titik ini, menyendiri adalah satu-satunya jalan untuk maju.

2. Pemecah masalah

INTP memiliki sifat detektif dalam diri. Ini tentang memahami dunia dengan cara yang logis dan teratur. Meskipun sikap Anda terlalu analitis, Anda tidak perlu mengungkapkan secara verbal apa yang dipikirkan atau rasakan. Pikiran-pikiran akan terus berjalan dalam otak INTP. Ciri khas dari tipe kepribadian ini adalah kemampuan untuk berpikir di luar kotak yang mungkin Anda yakini tidak dapat dilakukan oleh orang lain. 

3. Pendiam kecuali ada topik yang menarik minat 

Seorang INTP mungkin pernah atau sering mendengar bahwa dirinya misterius. Sifat pendiam dan jeli berarti biasanya tidak berbagi informasi tentang diri sendiri, terutama saat bertemu orang baru. Namun, bersikap terlalu tertutup dapat memberikan kesan bahwa Anda tidak dapat dipercaya. Walaupun pendiam dan tertutup, ketika INTP menemukan suatu topik yang merangsang atau menarik secara mental, mereka dapat mengadakan percakapan selama berjam-jam. 


4. Sering menanyakan bagaimana dan mengapa 

INTP memiliki kecenderungan untuk memandang dunia sebagai buku yang belum ditemukan dan tidak sabar untuk membuka halaman berikutnya. Mereka selalu ingin belajar lebih banyak. Mereka terstimulasi oleh informasi, terutama ketika informasi itu menggairahkan mereka. Ada keinginan mendalam untuk memahami “bagaimana” dan “mengapa.” 

Satu-satunya masalah adalah dalam pencarian yang terus-menerus akan makna, kebenaran, atau bagaimana segala sesuatunya berjalan, mereka dapat mengalami konflik dengan orang lain yang menghabiskan banyak energi.


5. Terlihat tidak terikat secara emosional dan dingin  

INTP mungkin sering dituduh memiliki hati yang dingin, tetapi itu bukan karena kurangnya kepedulian. Dalam suatu hubungan, mereka bersikap acuh tak acuh atau menjaga jarak, tetapi sebenarnya sedang mencintai dengan cara yang berbeda. Secara fisik hadir, tetapi secara psikologis terjebak dalam pikiran dan imajinasi sehingga menyisakan sedikit ruang untuk menunjukkan emosi atau perasaan batin kepada seseorang. 


6. Suka menunda

Tanda pasti tipe kepribadian INTP adalah keragu-raguan. Orang dengan tipe ini mungkin mendapati dirinya melamun dan menunda-nunda karena mudah bosan dan terganggu. Begitu mengambil keputusan, itu sudah tepat.

Namun, INTP perlu waktu untuk mengambil keputusan karena mempunyai begitu banyak ide di kepala. Tipe kepribadian pendiam lebih memilih rasionalitas daripada emosionalitas, yang menyebabkan stagnasi hubungan. 


7. Blak-blakan

INTP tidak hanya terkenal dengan logis dan analitis, tetapi juga blak-blakan dan tidak sabar. Beberapa bahkan mungkin menyebut mereka tidak sensitif atau kasar. Sebagian besar orang memiliki filter internal yang kita gunakan saat berbicara atau menyelesaikan konflik dengan orang yang kita cintai atau bahkan kolega. Namun, INTP hampir tidak ada filter. INTP mengatakan apa adanya, meskipun itu menyakitkan.

8. Tidak pandai dalam dunia sosial

Sebagai tipe kepribadian yang lebih pendiam, INTP mendapati dirinya fokus pada pikiran dan kegiatannya sendiri. Mereka lebih suka bekerja sendiri karena dapat mengasah ide-ide dan cara berpikir abstrak. Baik di tempat kerja atau bermain, INTP menghindari keramaian. Bagi para pemikir introvert, terus-menerus menghibur orang lain hanya akan menguras tenaga. Mereka lebih suka mengamati sekeliling dan membuat kesimpulan sendiri. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro