Kedai Sushi Rakyat menggunakan platform belanja online untuk memasarkan produknya./Instagram
Kuliner

10 Makanan Paling Populer di Dunia

Redaksi
Selasa, 5 September 2023 - 18:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Makanan atau kuliner adalah salah satu bagian terpenting dari kebudayaan yang dapat menjadi daya tarik pariwisata.

Meskipun tidak dapat melakukan perjalanan ke setiap negara di dunia, kita masih dapat merasakan budaya yang berbeda dengan mencicipi hidangan khas yang paling populer dari setiap negara.

Dilansir dari laman Taste Atlas, Selasa (5/9/2023), ini 10 makanan paling populer di dunia:

1. Pizza

Pizza adalah salah satu makanan paling populer di dunia. Berasal dari Italia, pizza kini dapat dinikmati dengan variasi topping dan kulit yang tak terhitung jumlahnya.

Di Indonesia sendiri, pizza memiliki variasi yang beragam dan dengan rasa yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

2. Sushi

Sushi adalah salah satu kuliner asal Jepang yang cukup populer di seluruh dunia. Makanan ini biasanya dibuat dengan nasi dan isian yang digulung di dalam selembar rumput laut kering.

Meskipun hidangan ini identik dengan ikan mentah, tetapi bahan utama dari setiap jenis sushi hanyalah nasi cuka.

Awalnya, sushi adalah sebuah metode untuk mengawetkan ikan yang pertama kali dikembangkan di Asia Tenggara, kemudian sushi sampai ke Jepang pada abad ke-8.

3. Burger

Menurut kritikus makanan New York Times, Mimi Sheraton, burger adalah makanan klasik Amerika yang berevolusi dari bistik Jerman.

Burger adalah hidangan lezat yang idealnya terdiri dari daging sapi yang dibakar dan dimasukkan ke dalam roti panggang, ditemani dengan irisan bawang bombay dan saus tomat atau mustard.

4. Ramen

Ramen adalah sup mie yang pertama kali muncul di Jepang pada tahun 1910, ketika para juru masak China mengkombinasikan mi dengan kaldu asin.

Pada tahun 1958, nama ramen diambil dari pengucapan kata dalam bahasa China lamian (mi yang ditarik), dan pada tahun yang sama, Nissin Foods memproduksi mi instan pertama dengan kaldu rasa ayam yang disebut Chickin Ramen.

5. Taco

Taco adalah hidangan asal Meksiko yang sudah menjadi populer di seluruh dunia saat ini, terutama di Amerika Serikat.

Hidangan ini terdiri dari tortilla yang diisi dengan daging, kacang-kacangan, keju, dan salsa. Taco juga sering kali disajikan dengan guacamole dan krim asam.


6. Pasta

Pasta adalah makanan pokok dari Italia, dan telah menjadi favorit di seluruh dunia. Berbahan dasar tepung terigu dan air, pasta dapat disajikan dengan berbagai macam saus dan topping, termasuk daging, sayuran, dan keju. Hidangan pasta yang cukup populer saat ini yaitu, spaghetti Bolognese, lasagna, dan fettuccine Alfredo.

7. Croissant

Kue kering berbentuk bulan sabit berwarna keemasan dan bersisik ini biasanya dibuat dengan mentega murni dan adonan ragi yang sedikit manis.

Jika dibuat dengan benar, bagian dalam croissant yang berwarna kuning-putih akan sedikit elastis saat ditarik dari bagian tengahnya, kemudian dapat diolesi mentega atau selai segar.

Kue ini dibuat pertama kali pada tahun 1683 sebagai perayaan kemenangan Austria atas Kekaisaran Ottoman, yang bentuknya konon meniru bulan sabit yang ada di bendera Turki.

8. Yakiniku

Yakiniku adalah istilah yang menunjukkan teknik memasak Jepang (yang berasal dari Korea) dengan memanggang daging di atas panggangan meja. Yakiniku berasal dari Korea dan terinspirasi dari hidangan Korea yang terkenal yaitu galbi dan bulgogi.

Daging yang paling populer untuk yakiniku adalah daging sapi, babi, ayam, dan berbagai jenis kerang. Berbagai saus dan cocolan biasanya disajikan sebagai pelengkap, mulai dari kecap asin, saus miso, hingga saus minyak bawang putih.

9. Gyoza

Gyoza adalah pangsit berbentuk bulan sabit yang berasal dari pangsit jiaozi tradisional Tiongkok. Gyoza terbuat dari kulit tipis yang terbuat dari tepung terigu, telur, dan air, yang kemudian diisi dengan campuran daging dan sayuran. Bahan-bahan yang digunakan dalam isiannya yang paling umum adalah daging babi atau ayam cincang, kubis, daun bawang, bawang putih, jahe, dan daun bawang.

10.  Dimsum

Dimsum adalah hidangan tradisional asal Tiongkok yang telah menjadi populer di seluruh dunia. Hidangan ini identik dengan bentuknya yang kecil seukuran sekali gigit.

Dimsum merupakan olahan daging yang dicampur dengan tepung kemudian dibungkus dengan kulit pangsit yang lembut. Makanan ini diolah dengan cara dikukus dan disajikan bersamaan dengan saus sambal untuk menambah rasa. Dimsum biasanya disajikan dengan teh dan sering dinikmati sebagai sarapan atau makan siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro