Mi instan sangat berbahaya bagi tubuh, bila dikonsumsi setiap hari/Istimewa
Health

Bisa Sebabkan Kanker, Ini 9 Efek Samping Sering Makan Mi Instan

Redaksi
Selasa, 19 September 2023 - 18:21
Bagikan

6. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Makan mi instan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, karena efek samping yang terkait dengannya. Mie instan diproses secara mendalam dan mengandung bahan pengawet, perasa buatan dan lemak jenuh yang dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan tekanan darah tinggi dan obesitas.

Oleh karena itu, meski nyaman dan enak, makan mie instan sebaiknya dikurangi dari pola makan rutin demi menjaga tingkat kesehatan jantung.

7. Menyebabkan sakit kepala dan mual

Makan mie instan bisa menimbulkan efek samping, seperti sakit kepala dan mual. Efek samping ini biasanya terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan secara berlebihan. Hal ini biasanya karena mie instan mengandung banyak natrium, lemak dan gula. Selain itu, bahan pengawet yang digunakan untuk menjaga kesegarannya mungkin menyebabkan reaksi buruk pada sistem pencernaan beberapa orang. 

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan asupan mie instan karena mungkin tidak selalu sesuai dengan tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak atau terlalu sering.


8. Malnutrisi pada anak-anak

Malnutrisi pada anak-anak merupakan masalah global yang semakin meningkat. Nutrisi atau kekurangan nutrisi, dapat menimbulkan efek samping yang berdampak pada kesejahteraan dan perkembangan fisik dan mental.

Makan mie instan secara teratur atau eksklusif telah dikaitkan dengan efek samping seperti malnutrisi, obesitas, peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan gejala seperti sakit perut, mudah tersinggung dan melambatnya pertumbuhan pada anak-anak karena kandungan natrium dan lemak jenuhnya yang sangat tinggi.

Maka penting bagi orang tua untuk lebih memperhatikan apa yang dimakan anak-anak mereka untuk memastikan pola makan yang sehat dan seimbang serta nutrisi yang tepat selama masa pertumbuhan yang tidak terpisahkan.


9. Kematian akibat stroke

Kematian akibat stroke merupakan kekhawatiran utama, karena merupakan salah satu penyebab utama kematian. Seringkali, kematian akibat stroke dapat disebabkan oleh berbagai faktor risiko, seperti kadar kolesterol tinggi, diabetes, merokok dan efek samping dari konsumsi makanan olahan seperti mie instan.

Mie instan dibuat dengan bahan pengawet yang mengandung kadar natrium tinggi sehingga dapat meningkatkan risiko stroke atau serangan jantung. Oleh karena itu, untuk mengurangi kemungkinan Anda menderita kematian akibat stroke, penting untuk melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup dengan menghilangkan atau mengurangi frekuensi konsumsi makanan kemasan termasuk mie instan. (Maria Elfika Simplisia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro