Ilustrasi rambut rontok/Freepik
Health

21 Tips Mencegah Rambut Rontok dengan Cepat

Redaksi
Jumat, 1 September 2023 - 03:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rambut kepala yang lebat dan sehat merupakan hal penting bagi penampilan dan kepercayaan diri banyak orang.

Jika rambut mulai menipis atau rontok akan membuat seseorang tidak nyaman, pasalnya merawat rambut bisa menjadi hal yang berat bagi sebagaian besar orang. 

Rambut di kepala melewati siklus hidup yang melibatkan pertumbuhan, istirahat dan kerontokan sehingga umum bagi orang untuk kehilangan sekitar 100 helai rambut setiap hari tetapi kamu juga tetap harus waspada karena tidak semua kerontokan disebabkan oleh hal tersebut.

Dilansir Health Line (31/8/2023) berikut penyebab kerontokan yang perlu kamu ketahui.

1. Kondisi medis seperti alopecia areata , infeksi kulit kepala, atau trikotilomania (gangguan mencabut rambut)

2. Perubahan hormonal seperti kehamilan, persalinan, menopause, atau masalah tiroid

3. Obat atau suplemen yang digunakan untuk kanker, tekanan darah tinggi, depresi, atau radang sendi.

4. Pengobatan radiasi untuk kondisi seperti kanker

5. Stres fisik atau emosional

6. Praktik penataan rambut seperti memakai kuncir kuda atau cornrows yang ketat

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah rambut rontok atau mendorong pertumbuhan rambut. Cara terbaik untuk memperlambat atau menghentikan kerontokan rambut adalah dengan mengatasi penyebab utamanya baik itu persalinan, pembedahan, atau penyebab stres utama lainnya.

Jika hal seperti ini adalah faktornya, rambut rontok bisa bersifat sementara (telogen effluvium) dalam beberapa kasus tetapi untuk beberapa kasus hal ini akan lebih rumit.

Simak tips-tips berikut untuk menjaga rambut kerontokan:

1. Terapkan Pola Makan Mediterania

Sebuah studi tahun 2018 mengungkapkan bahwa pola makan yang mengandung sayuran mentah dan herba segar seperti pola makan Mediterania dapat mengurangi risiko alopesia androgenik (pola kebotakan wanita atau pola kebotakan pria) atau memperlambat timbulnya penyakit tersebut.

Hasil terbaik diamati ketika mengonsumsi makanan ini dalam jumlah besar seperti peterseli, kemangi, dan salad sayuran lebih dari 3 hari seminggu.

2. Mengkonsumsi Protein

Folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein yang disebut keratin. Sebuah studi tahun 2017 terhadap 100 orang dengan rambut rontok mencatat beberapa kekurangan nutrisi pada partisipan, termasuk asam amino yang berfungsi sebagai bahan penyusun protein.

Meskipun para peneliti mencatat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian, mengonsumsi makanan kaya protein dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Pilihan makanan sehat penuh protein meliputi makanan seperti telur, buncis, kacang polong ikan, produk susu rendah lemak dan ayam.

3. Vitamin A

Vitamin A sebagian terdiri dari retinoid, yang mendukung pertumbuhan rambut yang sehat. Namun hal ini bergantung pada dosis, artinya terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat merusak rambut. Konsumsi makanan yang kaya vitamin A, seperti ubi, paprika dan bayam dengan terus memperhatikan kecukupan.

4. Multivitamin

Para ilmuwan telah menentukan bahwa vitamin dan mineral seperti Vitamin A, B, C dan D, besi,selenium,sinc yang penting untuk pertumbuhan dan proses retensi rambut khususnya dalam pergantian sel.

5. Vitamin D

Studi tahun 2018 mencatat bahwa vitamin D dikaitkan dengan alopecia tanpa jaringan parut. Mengobati defisiensi dapat membantu pertumbuhan kembali.

6 . Biotin

Biotin vitamin H atau B7 terlibat dalam sintesis asam lemak dalam tubuh. Proses ini penting untuk siklus hidup rambut dan Anda mungkin mengalami kerontokan rambut jika mengalami kekurangan.

7. Palmetto

Tinjauan tahun 2020 terhadap tujuh penelitian menemukan bahwa saw palmetto dosis 100–320 mg dapat membantu kualitas rambut, jumlah rambut, dan kepadatan rambut.

Para penulis menyimpulkan bahwa saw palmetto dapat membantu penderita AGA, telogen effluvium dan penipisan rambut.

8. Ginseng

Ginseng mengandung fitokimia tertentu yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut di kulit kepala. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk merekomendasikan dosis spesifik.

Sementara itu, bicarakan dengan dokter anda sebelum menambahkan suplemen ginseng ke dalam makanan.

9. Mencuci Rambut Secara Teratur 

Mencuci rambut setiap hari dapat melindungi rambut dari kerontokan dengan menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih. Kuncinya adalah menggunakan sampo yang lembut. Formula yang lebih keras dapat mengeringkan rambut dan menyebabkannya patah, sehingga menyebabkan rambut rontok. 

10. Minyak Kelapa 

Menurut tinjauan studi tahun 2018 para peneliti percaya bahwa minyak kelapa dapat membantu mencegah kerusakan rambut akibat perawatan dan paparan sinar ultraviolet (UV).

Asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa membantu mengikat protein di rambut, melindunginya dari kerusakan pada akar dan helai rambut. Memijat minyak kelapa ke kulit kepala dapat meningkatkan aliran darah dan membantu pertumbuhan kembali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro