Pijat relaksasi menjadi cara untuk mencintai diri./Istimewa
Health

Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan dan Butuh Perawatan Diri

Redaksi
Kamis, 21 September 2023 - 20:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perawatan diri memiliki arti berbeda bagi tiap orang. Biasanya, ini dilakukan oleh seseorang yang menginginkan kesejahteraan hidup.

Perawatan tiap orang berbeda-beda. Ada yang melakukan perawatan dengan olahraga, pijat, spa, memasak, melakukan hobi, atau bersantai. Dilansir dari Psychology Today, ada beberapa perilaku yang dapat membantu Anda meluangkan waktu untuk aktivitas apa pun yang menyegarkan pikiran, tubuh, dan jiwa, serta memberikan perawatan diri dalam diri. 

Namun, banyak orang mengabaikan perilaku ini. Padahal mengabaikan perilaku tersebut dapat menimbulkan konsekuensi negatif yang parah dalam hidup Anda, seperti kelelahan, kemunduran karir, kelelahan, harga diri rendah, uang lebih sedikit, dan kesehatan mental yang goyah.

Simak perilaku perawatan diri yang sering diabaikan orang:

1. Cari bantuan saat membutuhkannya 

Beberapa orang menganggap meminta bantuan itu sebagai tanda kelemahan. Padahal, meminta bantuan sering kali menjadi respons realistis terhadap situasi, bukan tanda kelemahan. Ini juga membantu Anda dalam menyingkat dan mempermudah pekerjaan. Anda berhak meminta bantuan dan orang lain berhak menolak.


2. Jangan menunda-nunda pekerjaan

Hindari melakukan penundaan terhadap hal-hal yang harus dilakukan. Beberapa orang biasanya akan menghindari atau menunda pekerjaan yang tidak disukai. Hal-hal tersebut menambah stres di atas masalah aslinya. Lakukan perlahan walaupun tidak suka agar pekerjaan selesai tepat waktu.


3. Ubah perfeksionisme menjadi “excellentisme”

Banyak orang berpikiran bahwa tugas harus sempurna. Padahal, sebagian besar tugas tidak harus diselesaikan dengan sempurna. Perilaku ini dapat membuat Anda cenderung merasa cemas terus menerus. Oleh karena itu, Anda perlu mengerjakan pekerjaan sebaik mungkin tanpa memaksa diri untuk sempurna. 


4. Tetapkan batasan

Menetapkan batasan merupakan kunci Anda mendapatkan waktu luang. Menetapkan batasan berarti bersikap tegas terhadap apa yang Anda inginkan. Sikap asertif atau mampu mengatakan tidak secara langsung, jujur, dan terus terang tanpa merasa bersalah akan melindungi waktu, uang, dan harga diri Anda. 


5. Mengelola keuangan

Mengelola keuangan adalah sebuah perawatan diri. Mengabaikan keterampilan pengelolaan uang dapat membuat hidup Anda menjadi kesengsaraan sehari-hari karena harus memutuskan tagihan apa yang harus dibayar, melakukan beberapa pekerjaan, dan memikirkan apakah Anda dapat memenuhi kebutuhan hidup.

6. Merapikan rumah

Merapikan lingkungan atau rumah Anda dapat memberikan banyak manfaat, termasuk rasa kontrol yang lebih besar, berkurangnya stres, peningkatan kekuatan otak, produktivitas yang lebih tinggi , dan pengambilan keputusan yang lebih baik. Anda bisa memulai merapikan meja kerja agar stres berkurang saat bekerja.

7. Cari waktu luang

Memiliki rutinitas harian untuk perawatan diri dapat memastikan bahwa Anda membangun perawatan diri dalam keseharian. Jadwal juga bisa menjadi suatu alasan dalam menolak sesuatu. Menjalani rutinitas yang sehat meningkatkan kebahagiaan dan kemampuan kognitif yang lebih baik. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro