Tanda lahir/
Health

Alasan Adanya Tanda Lahir pada Tubuh

Redaksi
Rabu, 27 September 2023 - 12:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tanda lahir merupakan sebuah bercak pada kulit yang sudah ada sejak lahir atau muncul tidak lama setelah lahir. Ini merupakan kondisi yang umum terjadi.

Tanda lahir dapat berupa bercak berwarna merah, cokelat, atau hitam. Tanda lahir dapat muncul di bagian tubuh mana pun, termasuk wajah, leher, badan, dan kaki. Dilansir dari Better Health, debagian besar tanda lahir tidak berbahaya dan beberapa hilang seiring pertumbuhan anak.

Terkadang, tanda lahir bisa jadi merupakan tanda adanya masalah atau penyakit lain. Periksakan ke dokter jika Anda tidak yakin, terutama jika tandanya berubah secara tidak terduga. Dilansir dari Healthline, ada dua macam tanda lahir, yakni tanda lahir berpigmen dan vaskular.

Tanda lahir berpigmen terjadi ketika terdapat kelebihan sel pigmen atau melanosit di satu area. Sel pigmen inilah yang memberi warna alami pada kulit Anda. Sementara itu, tanda lahir vaskular terjadi jika pembuluh darah di area tertentu pada kulit tidak terbentuk sebagaimana mestinya.

Dalam kebanyakan kasus, penyebab munculnya tanda lahir tidak diketahui. Hal ini bukan disebabkan oleh ibu yang melakukan kesalahan selama kehamilan. Tanda lahir terjadi secara kebetulan.

Munculnya tanda lahir mungkin saja genetik. Beberapa tanda mungkin mirip dengan tanda pada anggota keluarga lainnya. Namun, tanda lahir bisa saja tidak diturunkan. Misalnya, beberapa bayi yang lahir dengan sejenis tanda lahir yang disebut noda port-wine karena terlihat mirip dengan percikan anggur mungkin memiliki kondisi langka yang disebut sindrom Klippel-Trenaunay. Kondisi ini disebabkan oleh mutasi genetik yang umumnya tidak diturunkan.

Kondisi langka lainnya, sindrom Sturge-Weber, juga muncul sebagai tanda lahir port-wine di sepanjang cabang saraf tertentu dan disebabkan oleh mutasi gen yang berbeda. Itu juga tidak diturunkan dalam keluarga dan tidak bisa diwariskan.

Kemudian, tanda lahir merah disebabkan oleh pertumbuhan pembuluh darah yang berlebihan. Lalu, tanda lahir berwarna biru atau coklat disebabkan oleh sel pigmen (melanosit). (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro