Ayam goreng/Istimewa
Health

Ini Makanan yang Dapat Merusak Otot Tubuh

Redaksi
Senin, 2 Oktober 2023 - 11:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menjaga bentuk otot yang bagus dan menarik, bukan hanya dengan melakukan gym tetapi juga pola makan yang tepat.

Dilansir eathis (30/9/2023) menurut ahli diet dengan Top Nutritiln, Jordan Hill, MCD, RD, CSSD, pola makan memainkan peran penting dalam mendukung pertumbuhan otot, karena nutrisi yang dikonsumsi menyediakan bahan pembangun dan energi yang diperlukan untuk pengembangan dan perbaikan jaringan otot.

Demi membentuk atau mempertahankan bentuk otot yang menarik, simak makanan yang perlu kamu hindari:

1. Potongan Daging Dingin 

Potongan daging dingin yang berlemak mengandung lemak jenuh yang tinggi dan dapat menyebabkan kerusakan otot.

Sebuah studi tahun 2020 di Clinical Nutrition menemukan bahwa makan terlalu banyak lemak jenuh, terutama dari potongan daging berlemak, dikaitkan dengan gangguan fungsional ekstremitas bawah. 

2. Pizza Beku

Pizza beku akan menghasilkan sekitar sembilan gram lemak jenuh. Mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dapat memicu peradangan sehingga menghambat pemulihan dan pertumbuhan setelah gym. Terlebih lagi, banyak pizza beku yang mengandung banyak gula tambahan yang kebanyakan berasal dari sausnya. 

pizza beku tidak baik bagi kesehatan
pizza beku tidak baik bagi kesehatan

3. Kopi

Kebiasaan minum kopi harian menjadi penyebab kemandekan di gym. Meskipun kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan energi untuk menghentikan olahraga, jika memilih sesuatu seperti frappe atau karamel latte, mendapatkan banyak gula tambahan.

Mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan, seperti yang kita ketahui, dapat membuat kadar gula darah naik turun (naik, lalu turun), yang mungkin menyebabkan penurunan energi lebih cepat dari yang diperkirakan. 

4. Makanan Panggang Manis

Asupan makanan panggang manis yang berlebihan seperti kue dan cookies tanpa asupan makanan yang seimbang dan bergizi dapat berdampak negatif pada pertumbuhan dan pemeliharaan otot. 

Namun, mengurangi konsumsi gula tambahan hingga di bawah 25 gram sehari dapat membantu mengurangi efek negatif gula pada kesehatan, menurut sebuah studi tahun 2023 di jurnal BMJ .

5. Permen

Permen asam atau manis adalah salah satu sumber gula tambahan utama yang menyebabkan penambahan berat badan dan resistensi insulin. Resistensi insulin mengganggu kemampuan tubuh untuk memanfaatkan karbohidrat secara efektif yang dapat memengaruhi tingkat energi selama latihan dan pengiriman nutrisi ke otot. 

6. Kentang goreng 

Kentang goreng adalah makanan yang tinggi lemak jenuhnya kombinasi yang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan dan memicu jenis peradangan buruk yang dapat mengganggu pemulihan dan pertumbuhan otot.

kentang goreng tidak baik bagi kesehatan tubuh
kentang goreng tidak baik bagi kesehatan tubuh

7. Ayam Goreng

Sama seperti kentang goreng, ayam goreng juga tinggi lemak jenuh dan kalori. Mengonsumsi terlalu banyak kalori dari makanan yang digoreng dapat menyebabkan penambahan lemak berlebih dibandingkan penambahan otot tanpa lemak.

Ditambah lagi, ayam goreng cenderung rendah nutrisi penting dibandingkan sumber protein lain yang kaya vitamin, mineral dan zat gizi mikro lain yang mendukung pertumbuhan otot. 

8. Soda

Minuman yang dimaniskan dengan gula seperti soda adalah sumber utama gula tambahan dalam makanan kita, menurut CDC . Konsumsi gula dan gula tambahan yang berlebihan, terutama pada minuman manis, dapat menyebabkan penambahan berat badan dan resistensi.

9. Alkohol

Alkohol dapat mengganggu sintesis protein, mengganggu penyerapan nutrisi dan menurunkan testosteron, yang merupakan hormon penting untuk perkembangan otot.

Sebuah studi tahun 2014 di PLOS One menemukan bahwa konsumsi alkohol mengurangi sintesis protein otot setelah berolahraga, bahkan ketika dikonsumsi dengan protein. Minum alkohol dapat mengganggu pemulihan setelah berolahraga serta kinerja Anda di gym. Ditambah lagi, konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat menghambat kinerja dan pemulihan latihan. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro