Ilustrasi: Wisatawan di Bangkok, Thailand/REUTERS-Erik De Castro
Travel

Agoda: Singapura dan Thailand Jadi Destinasi Paling Populer 2023

Restu Wahyuning Asih
Senin, 2 Oktober 2023 - 12:22
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Agoda merilis survei mengenai tujuan wisata paling populer pilihan masyarakat Indonesia pada 2023.

Hasilnya, tujuan internasional terpopuler adalah Singapura. Sedangkan Jakarta menempati posisi teratas untuk penerbangan domestik.

Kemudian selain Singapura, wisatawan Indonesia juga banyak melakukan perjalanan ke ibukota Thailand, Bangkok.

Bangkok menjadi tujuan penerbangan internasional paling populer, menurut survei Agoda. Kota ini pun menjadi nomor ini sebagai destinasi penerbangan internasional terpopuler pada 2023.

Berdasarkan data pemesanan Agoda, empat dari lima destinasi penerbangan internasional terpopuler berada di Asia Tenggara. Urutannya yakni:

  1. Bangkok, Thailand
  2. Singapura
  3. Seoul, Korea Selatan,
  4. Ho Chi Minh City, Vietnam
  5. Kuala Lumpur, Malaysia

"Banyak faktor yang memengaruhi popularitas kota-kota di Asia Tenggara," ujar Andrew Smith, Senior Vice President of Supply Agoda.

Menurutnya, kota-kota tersebut mewakili kota metropolitan yang ramai, dengan kekayaan budaya dan sejarah, kuliner yang lezat, dan kehidupan malam yang unik.

"Bahkan meskipun maskapai penerbangan memperluas rute dan armada mereka, saya tidak akan terkejut jika destinasi-destinasi menakjubkan ini menduduki peringkat teratas di tahun-tahun mendatang," lanjutnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (2/10/2023).

Data untuk Indonesia menunjukkan bahwa setelah Singapura, wisatawan tanah air memilih untuk terbang ke Kuala Lumpur dan Penang. Sedangkan Bangkok dan Manila melengkapi lima besar.

Peringkat tersebut menunjukkan preferensi yang jelas untuk perjalanan jarak pendek ke Asia Tenggara, dengan #5 destinasi termasuk dalam kategori tersebut.

Untuk destinasi dalam negeri, ibukota Jakarta menjadi destinasi paling populer di Indonesia, diikuti oleh beberapa kota lain seperti Bali, Surabaya, Medan, dan Yogyakarta.

Hasil survei ini didasarkan pada pemesanan Agoda Flights yang dilakukan di Agoda antara tanggal 1 Januari hingga 31 Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro