Ilustrasi naik tangga
Health

Studi: Rutin Naik Tangga Bisa Kurangi Risiko Sakit Jantung

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 3 Oktober 2023 - 08:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa penelitian menemukan bahwa berjalan 10.000 langkah meningkatkan kesehatan.

Namun, sebuah studi baru yang dipimpin oleh para peneliti di Universitas Tulane menunjukkan bahwa mengambil setidaknya 50 langkah dan menaiki tangga setiap hari dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.

Kelompok besar orang dewasa di Inggris ini menunjukkan bahwa menaiki lebih dari lima anak tangga setiap hari dikaitkan dengan risiko 20% lebih rendah terkena ASCVD atau penyakit kardiovaskular aterosklerotik.

“Peserta yang berhenti menaiki tangga antara baseline dan survei ulang menunjukkan risiko ASCVD yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah melakukan pendakian tangga,” ungkap para peneliti dalam jurnal Atherosclerosis dilansir dari Times of India.

Apa itu ASCVD atau penyakit kardiovaskular aterosklerotik?

ASCVD bersama dengan penyakit arteri koroner dan stroke merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas di seluruh dunia.

ASCVD adalah suatu kondisi yang ditandai dengan penumpukan timbunan lemak, kolesterol, dan sel inflamasi (plak aterosklerotik) pada dinding arteri.

Plak ini dapat mempersempit dan mengeraskan arteri, sehingga membatasi aliran darah ke jantung (penyakit arteri koroner), otak (penyakit serebrovaskular), atau bagian tubuh lainnya.

Hal ini dapat menyebabkan komplikasi serius seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer. Faktor risikonya antara lain tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok, diabetes, dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

“Menaiki tangga dalam waktu singkat dengan intensitas tinggi adalah cara yang efisien waktu untuk meningkatkan kebugaran kardiorespirasi dan profil lipid, terutama di antara mereka yang tidak dapat mencapai rekomendasi aktivitas fisik saat ini,” kata rekan penulis Dr Lu Qi, HCA Regents Distinguished Chair dan profesor di Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Tropis Universitas Tulane.

Temuan ini menyoroti potensi keuntungan dari menaiki tangga sebagai tindakan pencegahan utama ASCVD pada populasi umum.”

Dengan menggunakan data UK Biobank yang dikumpulkan dari 450.000 orang dewasa, penelitian ini menghitung kerentanan peserta terhadap penyakit kardiovaskular berdasarkan riwayat keluarga, faktor risiko dan faktor risiko genetik, serta mensurvei peserta tentang kebiasaan gaya hidup dan frekuensi menaiki tangga.

Waktu tindak lanjut rata-rata adalah 12,5 tahun. Studi tersebut menemukan bahwa menaiki lebih banyak tangga setiap hari terutama mengurangi risiko penyakit kardiovaskular pada mereka yang kurang rentan. Namun, Qi mengatakan peningkatan risiko penyakit jantung pada orang yang lebih rentan dapat “diimbangi secara efektif” dengan menaiki tangga setiap hari.

Qi memuji ketersediaan tangga bagi masyarakat sebagai cara yang murah dan mudah diakses untuk memasukkan olahraga ke dalam rutinitas sehari-hari.

“Studi ini memberikan bukti baru mengenai efek perlindungan dari menaiki tangga terhadap risiko ASCVD, terutama bagi individu dengan beberapa faktor risiko ASCVD,” kata Qi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro