Benarkah Hujan Bisa Sebabkan Sakit Flu? Ini Fakta-faktanya/freepik
Health

Benarkah Hujan Bisa Sebabkan Sakit Flu? Ini Fakta-faktanya

Redaksi
Senin, 9 Oktober 2023 - 12:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika kita kehujanan pasti ada rasa khawatir akan terkena flu, namun faktanya hujan tidak dapat menyebabkan flu.

Pada dasarnya flu disebabkan oleh virus yang menyerang tubuh disaat kondisi tubuh mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.

Kedinginan akibat terlalu lama terkena hujan di luar ruangan dapat menurunkan efektivitas sistem kekebalan tubuh. Hal ini membuat tubuh lebih mungkin tertular virus flu, namun tidak ada jaminan akan terkena flu.

Lebih dari 200 virus menyebabkan flu. Virus menular ini dapat menular melalui udara dan kontak fisik yang dekat. Flu juga bisa menular ketika seseorang menyentuh mulut, mata, atau hidung dengan tangan setelah bersentuhan dengan kuman flu.

Kebanyakan Flu akan hilang dalam 1–2 minggu, dan banyak orang dapat mengobati Flu-nya sendiri di rumah tanpa perlu menghubungi dokter.

Seseorang yang terkena flu hanya perlu mendapatkan istirahat ekstra, minum banyak air, menggunakan pelembab udara, berkumur dengan air garam, melakukan pembilasan garam untuk membersihkan saluran hidung.

Jika flu tidak kunjung sembuh, dapat mengkonsumsi obat pilek dan flu yang dijual di apotik seperti semprotan dekongestan dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Selain itu, ibuprofen dapat membantu mengatasi rasa sakit dan demam, jika muncul.

Namun, kadang-kadang Flu bisa berkembang menjadi bronkitis atau pneumonia. Hal ini lebih mungkin terjadi jika seseorang memiliki sistem kekebalan yang lemah atau kondisi kesehatan pernafasan lainnya seperti asma.

Sebagai informasi, rata-rata orang dewasa menderita Flu dua atau tiga kali dalam setahun, dan anak-anak seringkali menderita lebih dari itu. Orang lebih mungkin mengalami Flu pada musim dingin atau musim semi, namun flu bisa terjadi kapan saja.

Beberapa cara untuk menghindari terkena flu antara lain:

1. Sering mencuci tangan.

2. Menahan diri untuk tidak berbagi makanan, minuman, dan barang-barang rumah tangga dengan orang yang mungkin tampak tidak sehat.

3. Menghindari sentuhan yang tidak perlu pada mata dan mulut
Makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur.

4. Tidur yang cukup. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro