Ilustrasi pria mencuci wajah agar tidak berkomedo/Freepik
Health

Cara Menghilangkan Komedo di Wajah

Redaksi
Senin, 16 Oktober 2023 - 08:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Munculnya komedo diwajah sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang karena komedo terkadang membuat kulit wajah terlihat lebih kusam dan berminyak.

Komedo adalah bentuk jerawat ringan yang disebabkan oleh tersumbatnya folikel rambut di kulit.

Banyak orang saat melihat komedo, tergoda untuk menghilangkan sumbatan di pori-pori tersebut. Namun, dalam kebanyakan kasus, memencet komedo membuka kotak Pandora yang berisi kemungkinan munculnya masalah lain.

Kamu dapat melakukan ekstraksi komedo dengan aman selama perawatan wajah profesional atau kamu sebenarnya dapat melakukannya sendiri.

Kuncinya adalah menggunakan alat yang steril dan mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk melindungi kulit.

Jika kamu berminat untuk menghilangkan komedo sendiri dirumah, kamu bisa mencoba langkah-langkah terbaik yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Simak langkah-langkah membersihkan komedo, sebagai berikut :

Sebelum menghilangkan komedo , luangkan waktu sejenak untuk mandi atau berendam air hangat. Uap dapat membantu pori-pori mengendur dan sumbatan di pori-pori akan mulai mengendur dengan sendirinya.

Cara membersihkan pori-pori agar tidak berkomedo:

1. Cuci tangan terlebih dahulu

Hal ini sangat penting untuk mencegah penyebaran infeksi pada dermis, lapisan kulit tempat bakteri mudah terperangkap. Kamu bisa mengenakan sarung tangan plastik atau lateks jika ada.

2. Berikan tekanan di sekitar pori-pori yang tersumbat

Kamu dapat menggunakan tisu atau kain kasa bersih sebagai pembatas antara tangan dan komedo itu sendiri, jika diperlukan.

3. Goyangkan jari maju mundur di sekitar pori-pori yang tersumbat

Kamu akan mencoba menghilangkan sumbatan utuh yang terbuat dari minyak kering dan sel kulit mati. Jangan menekan terlalu keras hingga kulit tergores atau memar.

4. Rasakan sumbatannya keluar

Jika kamu tidak dapat menghilangkan sumbatan melalui langkah-langkah ini, kamu mungkin perlu memberi waktu pada kulit untuk pulih sebelum mencoba lagi.

5. Bersihkan area tersebut dengan astringent atau toner ringan

Ini akan membunuh bakteri berbahaya dan membantu menjaga pori-pori bebas dari kotoran yang menyebabkan komedo. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro