Ilustrasi serangan jantung/Freepik.com
Health

Gejala Penyakit Jantung, Mulai Sakit Gigi Hingga Nyeri Bahu

Redaksi
Senin, 16 Oktober 2023 - 14:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Nyeri dada dan sesak napas merupakan tanda peringatan paling umum dari serangan jantung, tetapi gejala penyakit jantung juga bisa menyerupai rasa mulas atau bahkan sakit gigi

Dilansir Shine (14/10/2023) Nhan Nguyen, MD, ahli jantung intervensi pada staf medis di Methodist Richardson Medical Center mengungkapkan nyeri dada adalah sesuatu yang  diketahui merupakan gejala serangan jantung, tetapi beberapa orang, terutama wanita mengalami gejala yang tidak biasa.

Rasa sakit yang disebabkan oleh serangan jantung sebenarnya memiliki spektrum yang berbeda-beda karena saraf yang melayani jantung tidak sesensitif saraf di jari. Terlebih lagi, serangan jantung mungkin terjadi tanpa disadari sama sekali.

Gejala penyakit jantung yang bisa dideteksi sejak dini:

1. Sakit Gigi atau Sakit Rahang

Bukan hal yang aneh jika masalah jantung bermanifestasi sebagai nyeri di bagian lain tubuh. Beberapa orang melaporkan sakit gigi atau rahang sebelum serangan jantung.

Hal ini menghubungkan dengan ujung saraf yang memasok jantung. Karena kumpulan saraf yang melintasi jantung juga menjalar ke area lain di tubuh, maka mudah untuk salah mengira sumber gejala.

Selain kondisi akut, kebersihan mulut secara umum dan mencegah sakit gigi lebih penting dari yang Infeksi bakteri pada gusi atau gigi dapat menyebar ke jantung melalui aliran darah dan jika dibiarkan, dapat merusak katup jantung.

2. Gangguan Pencernaan 

Sakit maag disebabkan oleh gangguan pencernaan makanan. Saat asam lambung menggelembung ke kerongkongan, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang membakar di dada, yang sering disalah artikan sebagai serangan jantung.

Direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter umum karena mereka dapat melakukan tes stres dan mendeteksi masalah jantung apa pun.


3. Sakit  Bahu

Sama seperti rasa sakit yang menjalar dan bermanifestasi di rahang, tanda pertama serangan jantung juga bisa muncul di bahu.


4. Berkeringat Keras

Berkeringat saat berolahraga atau saat cuaca panas adalah hal yang normal, tetapi mengeluarkan keringat dingin saat sedang istirahat atau merasa sejuk mungkin merupakan tanda gagal jantung.

Meskipun para ahli belum sepenuhnya memahami mekanisme di balik fenomena ini, sebuah penelitian  menunjukkan bahwa hal ini dipicu oleh sistem saraf simpatik yang meningkat selama serangan jantung.


5. Pembengkakan Pada Kaki, Tungkai  dan Pergelangan Kaki 

Hal menunjukkan bahwa jantung  tidak memompa darah sebagaimana mestinya. Ketika jantung tidak dapat memompa darah dengan cukup cepat, darah tertinggal di pembuluh darah dan menyebabkan kembung.

Selain itu, gagal jantung dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan kelebihan air dan natrium dari tubuh, sehingga menyebabkan kembung. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro