Ilustrasi Omega-3/Healthline
Health

12 Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan, Baik Bagi Jantung dan Cegah ADHD

Redaksi
Senin, 16 Oktober 2023 - 19:56
Bagikan

6. Omega-3 Meningkatkan Pembelajaran dan Perilaku Pada Gangguan Koordinasi Perkembangan

Penelitian Oxford-Durham adalah penelitian menarik yang mengamati efek suplementasi omega-3 pada anak-anak dengan gangguan koordinasi perkembangan (DCD).

Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca, mengeja dan perilaku pada mereka yang mengonsumsi suplemen omega-3 dan penulis menyimpulkan bahwa omega-3 adalah pilihan pengobatan yang aman dan mujarab untuk anak-anak dengan diabetes. 

7. Paparan Omega-3 Sejak Dini Dapat Mengurangi Kejadian Alergi Pada Anak-anak

Artikel pada 2017 melaporkan bahwa mengonsumsi ikan berminyak atau suplementasi minyak ikan saat hamil dapat menjadi strategi untuk mencegah penyakit alergi pada bayi dan anak-anak, sementara sebuah penelitian dilakukan pada bayi sejak lahir hingga usia 6 bulan menemukan bahwa omega-3 mampu mengubah penanda kekebalan dan berpotensi melindungi terhadap alergi.

Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi omega-3 selama kehamilan oleh ibu atau asupan omega-3 pada masa bayi mungkin dapat membantu mengurangi kejadian penyakit alergi, termasuk asma.

8. Omega-3 Dapat Mengurangi Kejadian Penyakit Pernapasan dan Diare Pada Bayi

Sebuah penelitian mengamati kejadian penyakit pernapasan seperti bronkitis, bronkiolitis, batuk, croup dan diare pada bayi yang diberi susu formula yang dilengkapi dengan asam lemak omega-3 DHA, dibandingkan bayi yang diberi susu formula tanpa tambahan DHA.

Hasilnya menemukan bahwa pernapasan dan diare dalam 12 bulan pertama kehidupannya berkurang secara signifikan pada bayi yang diberi susu formula yang diperkaya DHA. 

9. Omega -3 Dapat Mengurangi Resistensi Insulin Pada Anak-anak yang Mengalami Obesitas

Dalam sebuah penelitian terhadap anak-anak dan remaja yang mengalami obesitas, ditemukan bahwa suplementasi asam lemak omega-3 mampu secara signifikan mengurangi glukosa (gula darah) dan insulin (hormon yang disekresikan).  Hasil ini menunjukkan bahwa omega-3 mungkin sangat berguna sebagai terapi suportif untuk anak-anak dan remaja yang mengalami obesitas dengan resistensi insulin. 

10. Omega-3 Dapat Membantu Mendukung Kesehatan Tulang

Penelitian telah menunjukkan bahwa omega-3 dapat membantu mendukung osteoblas. Hal ini sangat relevan untuk pertumbuhan anak-anak karena ini adalah sel yang membangun tulang yang sehat.

Omega-3 juga membantu mengendalikan peradangan, yang juga merupakan hal penting yang membangun kesehatan tulang karena peradangan yang berlebihan mengaktifkan osteoklas sel yang memecah tulang. 

Mekanisme lain yang memungkinkan omega-3 membantu mendukung kesehatan tulang adalah melalui mendukung penyerapan kalsium dan mineral penting yang diperlukan untuk struktur tulang yang sehat. (Maria Elfika Simplisia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro