Ilustrasi madu yang ternyata bermanfaat sebagai obat alternatif/Freepik.com
Health

Simak Obat Batuk Alami yang Aman Bagi Anak

Novita Sari Simamora
Kamis, 26 Oktober 2023 - 12:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bila anak Anda batuk, maka coba beberapa cara untuk mengobati batuk tanpa obat atau menjadi obat batuk alami.

Kenali beberapa obat batuk alami yang bisa mengencerkan lendir dan dahak. Bahan-bahan obat batuk alami bisa ditemukan di dalam rumah.

Simak obat batuk alami yang aman bagi anak-anak dan orang dewasa:

1. Madu

Penelitian menunjukkan bahwa madu lebih baik daripada obat dalam meredakan batuk. Madu juga bisa membantu anak yang sakit tidur lebih nyenyak.

Pakar kesehatan mengungkapkan bahwa madu juga aman bagi anak-anak yang berusia satu tahun ke atas, dan anak-anak senang meminumnya karena rasanya yang enak.

Madu hitam merupakan pilihan terbaik karena mengandung antioksidan yang lebih tinggi. Namun jika Anda tidak dapat menemukan madu hitam maka yakinlah bahwa madu alami apa pun bisa mengatasinya sifat antimikroba dan antiinflamasinya yang kuat yang dapat meredakan sakit tenggorokan.

Berikan setengah sendok teh untuk anak usia satu hingga lima tahun dan satu sendok teh untuk anak usia enam hingga 11 tahun. Jika anak Anda tidak mau meminum madu secara langsung, Anda juga bisa menambahkannya ke air hangat, teh herbal, atau susu hangat.

2. Sup Mie Ayam

Sup mie ayam lebih dari sekedar obat tradisional. Penelitian menunjukkan bahwa sup ayam memiliki sifat anti-inflamasi. Suhunya yang hangat dapat meredakan sakit tenggorokan, membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, sehingga dapat meringankan hidung tersumbat.

Batuk dan sakit tenggorokan sering kali disebabkan oleh post-nasal infus (lendir mengalir ke tenggorokan dan bukannya keluar dari hidung), membuka saluran hidung untuk membantu membersihkannya akan membantu menghentikan batuk juga.

3. Minuman Panas atau Dingin

Cairan hangat atau sangat dingin merupakan obat batuk yang sangat baik untuk anak-anak karena dapat mengencerkan lendir sehingga memudahkan batuk. Ditambah lagi, cairan hangat bisa menenangkan tenggorokan yang sakit dan menjaga anak Anda tetap terhidrasi.

Meskipun hal ini tampak masuk akal, para ilmuwan baru-baru ini tertarik untuk memahami cara kerja fenomena ini. Para peneliti di Common Cold Center di Cardiff University menemukan bahwa minuman panas khususnya adalah yang paling efektif dalam meredakan gejala pilek dan flu.

Peneliti menemukan bahwa minuman panas dapat meredakan gejala pilek, batuk, bersin, sakit tenggorokan, menggigil, dan kelelahan. Namun minuman hangat bersuhu ruangan memiliki lebih sedikit manfaat dan hanya meredakan pilek, batuk, dan sakit tenggorokan untuk sementara.

4. Camilan yang Menenangkan

Anak-anak berusia empat tahun ke atas dapat menghisap obat pelega tenggorokan atau obat batuk, permen keras bebas gula, atau bahkan buah beri beku. Es loli atau es serut adalah pilihan yang bagus untuk anak kecil yang mengalami tenggorokan gatal yang memicu batuk.

5. Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah obat batuk paling sederhana untuk anak-anak. Cukup campurkan setengah sendok teh garam dengan delapan ons air, lalu minta anak Anda berkumur dengan larutan tersebut.

Berkumur dengan air garam akan meredakan iritasi tenggorokan yang sering disertai batuk. Catatan, kumur air garam hanya boleh diberikan kepada balita dan anak-anak yang lebih tua, yang bisa memuntahkan larutan tanpa menelannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro