Cokelat hitam/popsugar.com
Health

10 Makanan Bikin Panjang Umur, Sudah Tahu Belum?

Mia Chitra Dinisari
Senin, 30 Oktober 2023 - 13:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dokter membagikan sepuluh makanan teratas untuk membantu Anda hidup lebih lama termasuk anggur dan coklat

Dilansir dari Express, dari rempah-rempah hingga sayuran, membuat daftar belanjaan berdasarkan makanan berikut dapat membantu Anda mencapai usia tua yang sehat.

Umur panjang mungkin tampak seperti sebuah pencapaian yang sulit dicapai, namun panjang umur dan sejahtera bukanlah hal yang mustahil.

Pilihan gaya hidup sehat adalah salah satu senjata terhebat yang dapat Anda tambahkan ke dalam gudang perlindungan Anda terhadap kematian dini.

Dari rutin berolahraga hingga berhenti merokok, Dr Sunni Patel, dari Dish Dash Deets, menjelaskan bahwa berbagai perubahan gaya hidup dapat meningkatkan harapan hidup Anda.

Namun, pola makan sehat secara keseluruhan adalah landasan kesehatan yang baik. Oleh karena itu, dokter menyarankan untuk menambahkan makanan ampuh ini ke dalam pola makan harian Anda.

Berikut 10 makanan yang bisa bikin umur panjang

1. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Dilengkapi dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat, buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit yang mengancam umur panjang, mulai dari penyakit jantung hingga kanker.

Dr Patel menjelaskan bahwa buah beri, sayuran berdaun hijau, dan sayuran berwarna “sangat bermanfaat”.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan lemak sehat, protein, dan serat, menjadikannya bagus dalam mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan pengelolaan berat badan, dan menyediakan nutrisi penting.

3. Biji-bijian utuh

Dari gandum utuh hingga quinoa dan beras merah hingga millet, biji-bijian kaya akan serat dan karbohidrat kompleks, yang dapat membantu mengatur gula darah dan mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung, menurut Dr Patel.

4. Minyak zaitun

Sebagai bahan pokok diet Mediterania, minyak zaitun extra virgin telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan umur yang lebih panjang berkat kandungan lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan yang mendukung kesehatan jantung.

5. Kacang-kacangan

Kaya serat, vitamin dan mineral, seperti kacang-kacangan, lentil, dan buncis dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan memberikan energi berkelanjutan.

6. Kunyit

Senyawa aktif yang tersembunyi dalam kunyit, yang dikenal sebagai kurkumin, memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan mendukung kesehatan otak.

Dokter merekomendasikan untuk memasukkan kunyit ke dalam masakan Anda, dan menggabungkannya dengan lada hitam untuk mengaktifkan kekuatannya.

7. Yoghurt dan makanan fermentasi

Dikemas dengan probiotik, jenis makanan ini meningkatkan mikrobioma usus yang sehat, yang berhubungan dengan pencernaan dan fungsi kekebalan tubuh yang lebih baik.

Oleh karena itu, dokter menginstruksikan untuk memasukkan satu porsi yoghurt atau makanan fermentasi (misalnya kefir, kimchi, asinan kubis) ke dalam makanan harian Anda.”

8. Bawang Putih

Studi baru menunjukkan makanan sarapan yang populer dapat menurunkan risiko demensia
Studi baru menunjukkan makanan sarapan yang populer dapat menurunkan risiko demensia

9. Anggur merah

Dokter menyampaikan bahwa satu gelas anggur merah dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda karena adanya antioksidan yang disebut resveratrol. Namun, dia mengingatkan untuk menikmati minuman tersebut secukupnya.

10. Cokelat hitam

Sama halnya dengan anggur merah, coklat hitam kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi jantung Anda. “Sepotong kecil (sekitar 20 gram) bisa dinikmati sesekali,” tambah Dr Patel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro